Tuesday, November 25, 2008

Anita,jadi MC ya....


Tgl 23,Ahad lalu pas Ustad. Ya'qub lagi nerangin mu'akid, HP ku bunyi, ya Allah aku merasa bersalah banget,kok di kelas ada suara HP,dan itu gara2 aku. Karena panik,aku langsung matikan. Selesai kuliah, istirahat, aku liat call register di HP ku, received call: ka akim, MasyaAllah, aku merasa bersalah lagi nih....aku SMS bliau akhirnya. Ka akim telpon balik: " Anita, KBRI mau ngadain acara besar lagi nih, maaf mendadak, maklum lah pada sibuk kita, nanti tanggal 25, jam 7 malam, di Hotel Holiday Inn. Anita jadi MC yah pake bahasa inggris. Ini pertemuan antara businessman2 Arab, pembesar Kuwait, dan Indonesia. Rombonngan Deplu dari Jakarta udah dateng. " Aku kaget juga..weleh2....apalagi nih dalam hatiku....kaga pernah jadi MC..." O iya,ka insyAllah" gitu jawab ku...gimana nanti aja lah.... Sehari sebelum acara, ka akim jemput aku di depan asrama sebelum magrib,kita ke KBRI mau nemuin bang Indra utk rangkaian acara. Di KBRI, aku liat semua orang pada sibuk, mereka mempersiapkan semua kebutuhan utk acara besok .... Hi Anita, iya tunggu sebentar yah...gitu kata bang Indra. Akhirnya aku ke mushola, udah azan magrib. Aku liat Haidar dan Yeni lagi ngajar para TKW, utk mengisi waktu luang para TKW (yang masalahnya belum selesai dengan majikannya ditampung di KBRI). Haidar ngisi ceramah tentang Rosulullah SAW. Ga lama bang Indra manggil, anita, berangkat yu....aku dianter bang Indra ke Hotel Holiday Iin, ini di daerah Dasman, kurang lebih 15 menit dari KBRI. Cukup jauh(segitu bang Indra ngebut tuh). Kita ketemu Bang Roni, dia engineer PT Chevron, perusahaan minyak di Kuwait. Pas tiba di Hotel, aku liat ada orang senyum...keliatannya orang Indonesia..tapi aku cuma senyum aja. Aku sendiri, karena bang Indra parkirin mobilnya. Ga lama setelah bang indra masuk, ngenalin aku sama orang yang di Lobby, ooo ini ternyata bang Rony...sang insinyur itu,yang juga akan menjadi MC bareng aku. Dari gaya ngomong nya sunda pisan euy...karena aku juga besar di daerah sunda, sok wee kita pake bahasa sunda. Ngobrol punya ngobrol, bang roni teh da udah lama di kuwait beserta anak istrinya. istrinya asal bogor, jadi dia tau pas aku bilang aku tinggal di dekat jalan baru di bogor..oooh yah saya tau istri saya juga dari bogor...saya dari bandung... Terus kami langsung ke kamar di lantai 17, kamar yang di book oleh KBRI utk panitia. Kita meeting acara di sana, revisi beberapa hal dan estimasi apa aja yang bakal terjadi,plan A, B dll....Dari kamar ini subhanallah kita liat pemandangan kota kuwait indah banget kalo malam...lampu2 gemerlap, gedung2 pencakar langit, pohon2 palem, langit cerah berbintang...Allahuakbar Karena udah jam 8 lewat...daripada pintu asrama digembok terus aku ga bisa masuk... aku miskol ka akim utk minta tolong jemput..ga lama ka akim telp katanya udah di depan lobby hotel..aku mohon pamit ama bang roni..dan dia bersedia merevisi acara sendiri ,aku tinggal nyontek aja alias tinggal baca doang besok..terima jadi via email hehe Pas ampe asrama ternyata ga bisa langsung istirahat karena harus bebenah kamar karena semua furniture akan diganti dengan yang baru.Wah senangnya...alhamdulillah. Ini asrama udah kaya hotel bintang lima. Springbed tebel,lemari, meja belajar semuanya baru...padahal yang lama masih bagus..dasar negara kaya.Mungkin asrama kampus ku di UI mau tuh kalo dikasi sumbangan furniture dari sini, andai kalo deket hehe. Tgl 25, kemaren, setelah usai kuliah, makan siang, lalu ngantuk nya ga tahan nih. Tapi sayangnya abang2 furniture belum selesai masukin dipan ku dll...aku dan temen2 pada ke ruang TV, ada 6 sofa yang besar2, aku jadi tidur siang disana. Baru aja cehayau..mau mulai terlelap eh ada telp adien, minta aku agar datang segera ke hotel...wah aku ngantuk banget dalam hatiku,lagian mau ngapain cepet2 kan acaranya malam. " Paling ga jam 4 an udah ke hotel yah mba nita" kata adien. Wah udah jam 3 nih....masih ada waktu, bobo lagi aah..kriiing hp ku bunyi lagi...kali ini bang roni.."nita,ada banyak perubahan acara, yang tadi malam masih ada revisi terbaru, fashion show batik dua kali, terus ada narasinya dari Stefanus Hammy, designer, ........" Aaaah gimana nanti aja...pokonya pengen tidur sekarang.. Jam 4 an aku bangun. Ke kamar ku...wah udah ada springbed barunya..wah senangnya...alhamdulillah...terus meja belajar...jadi malam ini udah pake springbed baru hehe..terus aku langsung lap sisi2 dipan pake lap basah, pasang sprei, sarung bantal, selimut ku keluarin. Alhamdulillah semua rapih.... Setelah magrib aku siap2 batik dll terus bergegas karena ka akim jemput abis magrib sekitar jam 5.15... Tiba di hotel di lobby sebelah kanan ada restorant, terlihat bang roni melambaikan tangan. " Anita, makan malem dulu yah,mau pesen apa? " Wah aku pikir, ini makan disini pasti mahal banget, tapi mungkin utk insinyur sekelas bang roni sih dia ga perlu banyak mikir. Ku bilang :" wah engga aku udah kenyang,lagian nanti kan kita ada dinner di acara kita"...ya udah minum aja deh gimana? gitu kata beliau..." ok deh..aku suka jus mangga" ...setelah jus nya abis, aku pamit duluan (karena bang roni mau makan dulu) ke lantai 3 "sharq ballroom" tempat acara dilaksanakan. udah banyak juga yang datang..terlihat para businessman orang2 arab, pake jas,ada yang pake dishdasha(gomis putih) terus ada ibu2 arab, para bule, orang2 deplu dari jakarta..dll... Di stand penerima tamu banyak display buku2 tentang Indonesia, dalam bahasa arab dan Inggris, terus ada souvenir2 broshur yang ditaro ditas utk setiap tamu yang datang...aku ambil 4 buah ku pikir ini bagus juga utk kasih ustad2 ku di kampus supaya mereka tau kita tuh juga negri yang kaya sebenarnya..karena image nya Indonesia :negri pembantu.... Terus aku juga ke lantai 4, nah ini juga penting nih,indonesian product exhibition...ada jewelry, batu2 permata, pokoknya perhiasan mewah ribuan dinnar harganya........ada ga tuh yang beli yah?tas-tas indah, kebaya, baju kurung, batik,dll...terlihat ibu2 orang arab pada sibuk milih2..... Aku ke lantai tiga lagi utk siap2 acara, tapi kok pa roni blm datang yah?makan nya belum selesai?ternyata beliau di lantai 17 lagi salin batik. Terus setelah beres kita latihan ngemsi di lantai 4 dekat Lift...alhamdulilah setelah kita lancar kita ke lantai 3 lagi. wah molor nih acara kita nunggu beberapa orang penting pembesar Kuwait yang belum datang. Tepat jam 8 malam barulah acara dimulai...hanya ada beberapa kursi yang kosong.... Sinyal utk MC sudah terlihat agar kita segera membuka acara ke atas panggung...eng ing eng...bismillah Acara mengalir satu persatu... Tibalah waktunya makan malam...tapi sayangnya menu international, bukan menu indonesia...Ya Allah ku liat,banyak banget makanan,.... aku keinget di Indonesia banyak banget nih yang kelaparan... Pas lagi ngambil buah-buahan ada bapak2 nyamperin, mba kerja di sini? " engga pa saya mahasiswi di Kuwait University" belajar apa? " bahasa Arab. Wah udah jago bahasa inggris belajar bahasa arab pula.mau jadi diplomat yah hahaha? gitu kata bapak itu sambil ia memberi ku kartu nama...aku ga tertarik ngobrol2 ama orang sebenarnya karena aku lapeeeeeer banget udah jam 10 nih....." haha..engga pak cuma seneng aja belajar bahasa... mari pak saya makan dulu" ...terus setelah itu aku ketemu bule yang waktu itu ketemu di Hotel Royal Suit,dia melambaikan tangan dan senyum lebar dengan anaknya yang masih bayidan istrinya orang jawa.. Aku membungkuk dan senyum balik tanda penghormatan. Terus ada diplomat yang ngacungin jempol....great anita... Alhamdulillah akhirnya acara kami tutup..." We, Roni Ardiansyah and Anita Rumsyah would like to say thank you.......bla..bla...bla..bla....aku dan bang rony turun panggung diringi gemuruh tepuk tangan... Mungkin orang mikir kita ade kakak kali yah...nama kita sama-sama ada SYAH nya di belakang..haha....what a coincidence...hehehe pas aku bilang gitu, bang roni juga ketawa Wah lega ....usai sudah... Dalam hatiku sebenernya juga menangis...aku ga begitu suka acara2 seperti ini, jauh dari nuansa islam,fashion show yang mendispaly perempuan2 kita, terus tari2 an yang bermusik, apakah itu wujud budaya indonesia yang Allah inginkan utk kita pertahankan? Tapi kalo karya2 batik kerajinan, aneka mutiara, bisnis meeting nya aku memang sangat mendukung 100 persen utk meningkatakan produktivitas ekonomi bangsa indonesia...... Pas aku lagi makan, ka akim ngobrol ama bang fahmi : " gile tuh shaikha kuwait ade nya si sabah( Raja Kuwait), dia beli cincin KD 3000...bener-bener...itu dapat 3 mobil tuh bejejer." Terus bang fahmi nimpalin :" wah kalo beli mobil gue dapet 6 bejejer...hahaha" ...terus baju2 , batik, dll pada laku ternyata.....alhamdulillah.. Disisi lain ....Ya Allah,astagfirullah atas kealfaan...aku mohon ya Allah,semoga ketelibatan ku membawa hidayah bagi yang melihatku disini. Aku cuma berniat menyukseskan acara besar negri ku dalam sisi kemanfaatan utk indonesia mendatang....Wallahu'alam bishowab Tepat jam 11 ka akim minta aku bersiap karena aku harus ke asrama segera. Alhamdulillah bang fahmi, karena jago bahasa arab, bisa lobby abla asrama agar aku pulang boleh lebih dari jam10.30 ini udah toleransi yang luar biasa nih, jarang2 mahasiswi bisa diizinin...2 jempol utk bang fahmi...top markotop... Jalan menuju keluar hotel..semua orang mengatakan "terimakasih anita"..."terima kasih banyak yah anita"..." nanti ngemsi lagi yah..jangan kapok".. Pak Darmawan, dan diplomat2 laen, pak dubes, dan ibu, semua ku pamitin..... Tiba di asrama,ka akim nunjukin ID card, sebagai wali aku Setelah formulir isian perizinan pulang malam di tandatangani, ka akim pulang..... Wah asyik nya mau tidur di springbed baru....alhamdulillah ya Allah atas semua nikmat yang kau berikan....semoga semakin mendekatkan diri pada Allah...

No comments: