Thursday, November 20, 2008

AWARE Center

AWARE, Arab-Western Relation, adalah salah satu organisasi non-frofit di kuwait yang didirikan oleh salah seoarang warga kuwait, ibu-ibu, dia sebenarnya asli scotland, tapi menikah dgn orang kuwait. Organisasi ini bertujuan utk mengeratkan hubungan Arab (Islam) dengan dunia barat. Membuka jalan utk saling memahami antara dua kutub yang berbeda yang selalu saling berprasangka.

Di Koran Kuwait, Al Watan, AWARE selalu mengiklankan kegiatannya. minggu lalu, kasyia (polandia) kasih info ke aku, kalo AWARE mengadakan acara puter film, tentang Hajj, jam 7 malam di AWARE center di Daerah Surra Street. Ini kawasan Elit orang kuwait asli....tidak ada flat/appartment atau sejenisnya di sini. Semua rumah mewah. Dan AWARE menyewa salah satu rumah disini ..yang ternyata belakangan aku baru tau kalo rumah ini milik abla Najla...yang dikenalin Tusani.

Aku dan dua temen asal poland, Kasya dan Adha, siap2 jam 6, abis makan malam di kafetaria jam 6.30 an kita nyetop taksi di depan Asrama. MasyaAllah lama juga ampir 15 menit belum dapet.

Pas ada, kita nego harga lama bgt. Terus akhirnya dia setuju 1 KD. Di jalan supir taksi tsb tetep ngotot, katanya ini jauh tau...terus kata ksya, engga ini ga jauh, saya pernah kesana pekan lalu, sebentar, mangkanya saya dari tadi tawar 1 KD...yah udah kalo kamu emang tau jalannya coba tunjukin, tantang si supir taksi. Ok..kata kasya...waduh pokonya selama di taksi aku antara pengen ketawa dan pengen marah juga tuh ama supir taksi....Arab nya ga bisa, inggris juga kacau...kita udah ngomong campur2 arab dan inggris..waduh2 susah juga ngadepin orang sok tau...

Sampe pada suatu point, dia mengeluarkan kata2 begini : you bakhil ha? kata supir taksi tsb...si kasya ka ngerti juga..bakhil itu apa..akhirnya si supir mengepal tangan kanannya, dan bilang ini ni uang di taro disini...maksudnya dia mau bilang kalo kita tuh pelit...

Mungkin dia pikir kita orang kaya, memang kalo liat bule2, mereka pasti mikirnya kita orang kaya.

Pas kasya udah nerti apa itu bakhil..dia bilang : no...ana fakiir....ana la indi fulus....ana toolibah....i am not rich....huawahahaha...aku jd pengen ketawa liat si kasya praktik bhs arab ama orang yang juga kaga bisa bhs arab....cape deeeeh

Si supir taksi bilang: ha? fakir? la..laaa....bakhil...bakhil....

Akhirnya sampai juga(setelah lelah mendengarkan ocehan supir taksi asal benggali itu... )

MasyaAllah rumahnya besaaaaar bgt, bagian samping kiri rumahnya dibuat utk AWARE office. kita naik ke atas, ada 3 lantai. lalu masuk ke ruangan seperti auditorium. Semua udah siap. Kita langsung nonton. Aku liat banyak orang2 bule...beberapa asal amerika, aku kenalan ama beberapa ibu2...rata2 tanggapan mereka positif dgn acara2 AWARE.

Biasanya mereka juga mengadakan open discussion seputar arab dan islam. Tour, training bhs. arab. dll...keliatannya seru bgt. Cuma aku yang asia..selebihnya orang bule. Dalam hati, aku boleh ga yah ikut disini sebenarnya. Tapi mereka terlihat welcome sih..jd kayanya ga masalah. Seusai acara kita lewat ruang perpustakaan. Dan tertulis "get free alquran in english version"...alhamdulilah aku dapet, warnanya hijau bagus bgt. Jadi kupikir2 ongkos taksi itung2 beli qur'an bhs inggris lah..Alhamdulillah.

Acara puter film ttg hajji td bener2 membangkitkan rasa haru..ingatan2 akan impian utk naik haji dan atau umroh..ah aku ga tahan menahan tangis, air mata ku pun tertumpah tak terbendung pas liat ka'bah di film itu...Banyak para bule diruangan jg terlihat terpaku dan haru, melihat jutaan muslim/ah dari seluruh pelosok dunia bersatu menyembah Tuhan yang Satu Allah SWT....semua runtutan hajji diperlihatkan ....Subhanallah...Labikallah huma labaik...labaikallah syarikalakalabaik.....ya Allah sedih bgt liat nya, terharu, ...semoga aku segera kesana..aku juga inget keluargaku, mamih...ba...Ya Allah panggil lah aku dan keluargaku ya Allah...amin ya Allah humma amiin

Aku juga berdoa moga teman2 bule ku pada masuk islam..sekarang sih keliatannya baru tertarik aja...

Hanya Allah yang tau rahasia hati mereka, dan hanya Allah jua yang berhak menentukan siapa yang memang berhak mendapat hidayah....

Ga terasa jam sudah menunjukan pukul 8.45 malam....kita masih tunggu taksi...dua taksi yang baru lewat dipake bule2 lain , ibu2, akhirnya kita aga lama....dan ongkosnya 1.5 KD, lebih mahal karena kita manggil dari kantor AWARE...

Alhamdulillah tiba di Asrama kembali dgn selamat.

No comments: