Monday, November 3, 2008

Tepat sebulan

Tanggal 3 november ini tepat sebulan sudah aku tinggal di Kuwait. Banyak hikmah yang aku lalui di sini. Tak henti-hentinya aku bersyukur akan semua karunia Allah, segala kemudahan dan kebaikan yang aku terima. Alhamdulillah.

Tapi memang sudah hukum alam. Tak ada sesuatu yang sempurna. Disini aku mencoba mengamati apa bedanya hidup di negri kita yang miskin (karena korupsi) dan kuwait yang mewah. Sebagian besar mereka take for granted terhadap ni'mat Allah. Banyak hal-hal mubazir yang aku temui. Listrik, ruangan, gedung-gedung,kendaraan dll...yang paling terlihat makanan. Jangankan orang asli kuwait...di asrama ku aja masyaAllah...aku sering banget liat temen2 di asrama pada ngambil makanan banyaaak banget tapi ga dimakan, terus di buang begitu aja. Terus kayanya makanan ga abis2...selalu mengalir. Kadang aku mikir, di Indonesia banyak banget penduduk yang kelaparan, pada makan tiwul, ga ada susu, buah2an, makanan bergizi lainnya..aku juga inget ibu, waktu di bogor ga ada gas ...kita harus antre, terus minyak sayur mahal, beras mahal dll....tapi dengan kondisi itu kita selalu bersyukur ketika kita liat makanan di depan kita, kita selalu menanti masakan ibu bahkan sebelum masakan yang sedang digoreng mateng kita nungguin deket kompor, terus makan di dapur bareng2 sampe abiiiis banget ga ada yang tersisa walau sebutir nasi....disini aku liat masakan nya terlihat mewah, tapi rasanya asing, aku jadi mikir daging2 itu, ayam, dll kalo dimasak di rumahku oleh ibu mungkin jadi sesuatu yang sangat kita hargai dan syukuri, tapi di sini ini sesuatu yang biasa hingga kita ato sebagian temen2 yang membuang makanan itu mungkin ga berfikir tentang kata "mubazir"...ya Allah. Mangkanya aku selalu ngambil sedikit ga berani banyak2 khawatir ga enak dan lagian kalo pun enak kita ga butuh banyak2...karena jenis yang harus dimakan banyak...buah, jus, puding dll..jadi sebaiknya ngambil tiap jenis sedikit2 aja...alhamdulillah aku hampir ga pernah membuang makananan. Kalo ga terpaksa banget karena salah ambil ato karena mba koki nya ngambilin kebanyakan.

Pernah di bus, ada beberapa mahasiswi kuwaiti ngobrol2 ama kita. Dia bilang orang kuwait kaya punya mobil 6, tapi kalo yang miskin punya 3. Lailahailallah, aku satu juga kaga punya. Tapi setelah kuamati ya lagi2 ini mubazir. Kalo aku iseng, biasanya hiburan ku jalan kaki di sekitar asrama, liat2 rumah orang kuwait, bener, ada sekitar 3-6 mobil parkir di depan rumah. Tapi semua parkir padahal kayanya ini waktu kerja ato sekolah, kok mobilnya parkir? berarti ga dipake kan? terus mereka banyak juga pada pake supir. Jadi bus kota umum di kuwait memang ga dipake oleh orang kuwait tapi para pendatang. Terus aku liat beberapa orang kuwait yang naik bus kampus, kalo naik bus, supirnya berhenti ngga tepat di depannya, kadang mereka marah, padahal apa salahnya cuma jalan sedikit. Ini sih namanya males. Sungguh, kekayaan mereka membuat mereka terlihat manja....

Aku juga ngerasa disini kemana2 pake mobil asrama/kampus yang selalu dianter tepat di depan tempat yang kita tuju. Kalo mau ngikutin males, ini badan ga akan bergerak. Padahal salah satu yang harus kita ikuti juga adalah kebiasaan Nabi Muhammad SAW utk banyak jalan kaki. Bahkan ketika Rosulullah memotivasi kita utk mengambil jalan yang berbeda ketika pergi dan pulang dari masjid, ini mengandung hikmah yang banyak selain meluaskan silaturahmi, juga memanjangkan gerak tubuh kita yang akhirnya utk kesehatan kita juga. Wajar aja Rosulullah sehat, karena banyak jalan kaki. Aku kadang ama Hilal(temen Turki), dan Kasya suka pulang dari kampus jalan kaki ke pintu gerbang kampus baru naik bus ke asrama,karena memang pemandangannya juga bagus, jadi seperti hiburan, kita melewati beberapa fakultas dan taman2 kampus. Terus selalu membiasakan pake tangga, ga pake lift. Efeknya bagus utk pernafasan dan ketika tilawah.


Terus aku juga belajar tentang budaya, ato yang lebih tepatnya akhlaq. Aku sadar betul dimana saja di bumi Allah selalu ada orang baik dan orang yang tidak baik. Aku sadar betul sekarang bahwa kesamaan ciri yang mudah diketahui dari seorang yang berilmu dan beriman adalah akhlaq...Dan di dalam Alqur'an : sesungguhnya Rosulullah diutus untuk menyempurnakan Akhlaq"...dulu mungkin aku percaya kalo dibilang orang Indonesia baik2 sopan2 dll dan orang arab jahat, sangar dll..tapi sekarang aku mulai menyangkal karena banyak juga orang Indonesia yang berbicaranya lebih keras dari orang arab yang sangat keras, ato orang Indonesia yang tidak sopan. Tapi di sini aku banyak menemui orang arab yang sangat baik dan sangat lembut. Seperti ustad Ya'kub, subhanallah, suaranya lembut, intonasi yang tak pernah meninggi, selalu tersenyum. Ada juga temen2ku orang bahrain dan oman, yang subhanallah penyayang banget, lembut banget, selalu terlihat senyum...ada juga abla jihan, ibu asrama, yang selalu menyapa aku, selalu menegur...dan dia pernah bilang: anita anti jamiiilah jiddan...dan banyak pengalaman2ku disini yang semakin menunjukanku betapa berharganya akhlaq....dengan Akhlaq itu, aku sebagai orang asing di kuwait merasa kerasan atau merasa sedih. Dengan akhlaq yang mereka tunjukan juga bisa membuat hati tenang dan nyaman.


Pengalam2 buruk disini seputar akhlaq juga tidak sedikit. Ustad badr, yang sangat beringas, kalo kita salah dia teriak di kelas, kalo kita telat, kita ga buat PR dll....terus ada anak2 asrama yang ga menjaga adab2 dll, di kampus, di bus, beberapa yang sangat terlihat sombong, bahkan ga pernah senyum ketika kita senyum dll...Ada juga yang mengaku Islam, orang Arab, tapi masyAllah pakaiannya, prilakunya, pilihan kata, dll terlihat gersang dari sentuhan iman.

Terus masalah waktu, aku juga sangat sedih ketika muhasabah tentang waktu. Bayangkan masa, jam kuliah mulai jam 9. Terus tiap 45 menit kita istirahat selama 15 menit. Terus sehari cuma belajar 3 jam di Kampus. Kalau kita mengandalkan sistem kampus kita ga akan dapat banyak. Sebagian teman cina, jepang, korea dan ada bule asal polandia sangat menyadari hal itu. Aku belajar dari semangat mereka memanfaatkan waktu. Mereka sering ke perpus, baca koran Arab, denger radio dll. Aku juga sudah memulai itu dari awal datang, tapi kadang perasaan bosen sering kali datang. Aku dulu berpikir kita akan banyak belajar di kampus,didukung oleh guru yang handal dalam metode pengajaran, ternyata engga, semua serba santai. Dan ga terlalu banyak target. Jadi kita sendiri yang buat taret apa aja yang ingin dicapai.Beberapa temen dari jepang, korea, hungary, jerman dan Bulgaria yang pernah dapet short course di syria, mesir, dan lebanon selalu membandingkan betapa santai nya kuwait dibanding negara2 tsb (yang katanya negara ilmu/pusat pendidikan). Sedangkan Kuwait lebih tepatnya utk bekerja dan bisnis; gitu kata Kasya (asal poland). Tapi mereka tetep bersyukur dapet beasiswa ini sekadar utk tau kaya apa Kuwait, tapi belajarnya harus disiplinkan diri sendiri. Kalo di Syria kita hampir ga pernah atau jarang banget nemuin informasi dalam bahasa Inggris, kebanyakan penduduknya juga orang asli Syria yang selalu berbahasa Arab. Jadi kalo kesana mau ga mau pasti pake bahasa arab gitu kata Daniel(asal hungary). Begitu juga kata mitsiko (asal jepang) ketika dia ke Mesir. Dia sangat terpacu pake bahasa arab, karena jarang yang pake bhs inggris.

Yang juga kadang membuat frustrasi, ketika kita sudah belajar bahasa arab di kelas, kita pikir kita akan mendengar juga bahasa Arab di luar kelas, dari orang2 arab di sekeliling kita, tapi ternyata bahasa arabnya ga kepake di luar kelas. Semua pegawai2 orang asing, pakistan, india, benggali, pilipin dll. Terus giliran ketemu orang arab, mereka punya dialek sendiri2 dan ga pernah pake bahasa arab fusha(bahasa sekolahan), mereka pake bahasa ammiyah,tiap negara arab beda2, mesir, bahrain, oman, kuwait, dll.

sekarang udah lebih rileks utk belajar semuanya, yah sebisanya otak ku mencerna aja. Mengulang pelajaran dari kampus dan mendengar gaya ngomong orang2 arab dari berbagai negri di timur tengah di asrama. Selebihnya denger radio dan baca koran. Tapi ga ngoyo, targetnya pokonya tiap hari ada progress atau paling ga review.

No comments: