Friday, November 21, 2008

Kuwait Book Fair

Hari kamis lalu tgl19, ust. Ya'qub berinisiatif ngajak kita ke bookfair, kumpul di kampus jam 9 pagi. Tapi aku baru bangun atau tepatnya beranjak dari tempat tidur jam 9.30 an. Sebenarnya udah bangun tapi males aja. Bingung....rasanya lemes dan pengen istirahat. Kalo kuliah kan belajar, ga boleh males. Tapi ini seperti rihlah gitu, jadi kupikir boleh lah males. Lagian kalo pergi ama ust.ya'qub berarti ga terlalu bebas. Waktunya juga terbatas. Belum juga tau mau beli buku apa. Sebenarnya pengen juga beli kamus. Kata temen harganya KD 7. Wah mahal juga. Jadi semua serba membingungkan. Dari pada begitu mending aku di asrama aja.

Seharian aku cuma beres2 kamar dan belajar dan belajar dan belajar...alhamdulillah. Cuci baju, nyetrika, siap2 tes, makan apel, pokoknya memanjakan diri..aku juga emai2lan sodara2 di indonesia. Kangen juga nih ama mereka....

Jam 12an setelah juhur, aku mau makan siang, depan kafetaria ketemu Alina (asal jerman). Dia baru aja pulang dari bookfair, bawa sekantong plastik besar isinya buku semua. Terus dengan wajah bahagia walau terlihat lelah, dia menunjukan buku yang dia beli satu persatu. "This one, i wanna show you this, it is really interesting, it's a story book,you've got the arabic on the right page, and the english is on the left page." Ya Allah aku sedih, nyesel kenapa aku ga ikut???????Hiks hiks...

Ga lama aku lewat mading,ada pengumuman, asrama meng-organize mahasiswi yang mau ke bookfair, besok, jum'at tgl 20...masyaAllah....wah aku ga perlu sedih, ada gantinya(dalam hatiku). Aku langsung tulis namaku....list nama temen2 hampir semua udah disini, udah hampir penuh (max 26 mahasiswi). Alhamdulillah aku dapet kesempatan ini..

Jam 4 hari jum'at, aku udah siap di lobby asrama, pokoknya aku harus dapet kamus Al Mawrid. Ini kamus terlengkap, bhs arab - inggris dan inggris - arab. Besaaar bgt. Sekarang yang aku pake di kamar punya dian. Seneng aja kalo kita punya sendiri, karena ini kebutuhan essensi bagi yang belajar bahasa. Dan kamus ini juga ada gambar2nya.

Letak bookfair nya cukup jauh dari asrama, kurang lebih 20 menit (jalan di Kuwait lancar, jadi 20 menit itu memang jauh dengan kecepatan mungkin 100 Km/jam)...namanya Mishrif. Ada beberapa gedung yang besar besar banget.Ini khusus utk semua jenis pameran di Kuwait seperti furniture, parfume, textile, fashion dll, tiap ada event tertentu pasti di taro di koran. Bulan lalu aku juga ke sini utk liat pameran parfume. Iiiiih mahal banget.... Pameran kali ini buku. Penerbitnya dari negara2 timur tengah.

Setibanya di lokasi aku mulai browsing, liat-liat, bareng fauqiyah (asal Mindanau/filipin). Dia cari kitab2 syariah islam. Baru sampe ke stand pertama dia udah nawar2 harga pake bhs. arab. Aku ga PD bhs arab ku masih acak kadut....hehe. jadi lebih milih pake bhs inggris kalo nawar. Terlihat disini banyak banget pilihan....semua negri timur tengah hadir. Aku liat ada dari libanon, syria, jordan, Arab Emirat, Kuwait sendiri pastinya ada, mesir dll.....dari wajah2 yang nuggu stand kita bisa liat perbedaan tiap negara arab tsb, logat arab nya juga beda....subhanallah...

Dalam hati, aku ga mungkin ni ikut fauqiyah terus dia lama bgt, aku memutuskan utk jalan sendiri liat buku yang aku mau dan nanti kita telponan kalo udah selesai.

Dari satu stand ke stand lain...lelah juga ...kaki pegel...Rata-rata diatas satu dinnar. Emang stres kalo selalu mikir mengkonversi ke rupiah.Apalagi sekarang KD1 = Rp. 40.000. Tapi paling ga aku harus cari2 tempat lain yang mungkin lebih murah dari stand yang udah ku tanya. Di suatu stand aku mencoba memberanikan diri pake bhs arab 'amiyah (slank/bhs pasar) " cam haaza?" ceileeh akhirnya keluar juga kalo di pasar haha...terus si abangnya jawab pake bhs arab kok panjang amat jawabannya..mungkin karena berisik juga aku jd ga konsen dia ngomong apa. Cuma aku nangkep ini harga nya 2 dinnar tapi bisa kurang..gitu laah.. terus yang ada, pas aku jawab nawar nya pake bhs inggris ..haha ga konsisten...

Keliling lagi aaah...ga lama ternyata udah magrib, disini magrib jam 5 sore. Aku solat sekitar jam 5.30. Aku praktek lagi nanya ke Satpam: "Lau Samaht, 'aina musholla annisa?" /permisi, dimana musola wanita? ....terus dia nunjukin pake sinyal, dengan bahasa arab yang panjang...yah pokonya ikutin aja arah tangan dia tadi walau pun ga ngerti2 amat apa yang dia bilang.

Di musshola, seperti biasa, karpet nya tebel dan bagus. Aku liat temen2 asal bahrain (rata2 pada Syiah) mereka sholat pake batu di taro di tempat mereka sujud.

Waktunya browsing lagi nih...sampe jam 7an aku belum dapet apa2, temen2 asal jepang dan taiwan pada bawa gembolan banyak banget, ada yang asal thailand, mereka bawa koper gede2 dari asrama jadi tinggal dorong2 aja, fikroh jamiilah (good idea)....temen asal poland juga wah dia memang kutu buku, dia master degree di polan jurusan sosiologi. Sedangkan aku?....aku belum memutuskan ...aku masih ngitung2...berapa yah abisnya uang ku ...hahaha...kalo harus beli kamus dan buku cerita......

Di tengah2 gedung ada stand tertulis : Lubnan (lebanon) terus banyak banget kita2 tebeeeel banget. Terus aku liat satu2 wah itu dia kamus al mawrid. Warnanya biru dongker. Kali ini saking senengnya dapet yang aku cari, aku spontan pake bhs inggris, padahal aku pengen praktek juga bhs arab disini. " Sir, sorry may i see that dictionary?" ternyata harganya KD 12. Loh kok 12? dalam hati. kata dian sekitar KD 7....dan kayanya itu udah ga bisa di tawar. Terus katanya : This is the original one, but we have the copy but not colorful, it cost KD 5.5......wah mahal banget, aku pengen yang asli, warni warni tapi ga mungkin aku cuma nargetin maksimal banget aku belanja KD 10. Akhirnya karena salesman nya juga sibuk dengan para pembeli lainnnya aku tinggalin aja....yaaah mahal amat sih

Terus aku liat buku2 cerita anak seperti yang ditunjukin Alina. Wah yang tipis banget KD 1, terus yang agak tebel KD2...waduh....ku pikir ada yang KD 1/2....jalan lagi....

Aku ketemu Kasya dan Adha (poland) mereka lagi minum kopi susu hangat dan donat, di stand coffee shop di pojok gedung yang menghantarkan aku ke gedung sabelahnya. " Hi Anita, what do you buy" boro2 beli...terus aku liat mereka udah bawa segembolan buku...mereka abis lebih dari KD 30 ..masyaAllah...padahal ku denger mereka juga liburan term break january mau ke mesir dan siria...uang nya banyak amat yah?....

Aku jalan lagi...sambil mikirin tentang Al Mawrid....ternyata ga ada yang jual, kecuali di stand lebanon tadi....aku udah ke semua stand ga ada... Aku jg ketemu Sumayah (dr Filipin) dia beli harganya udah turun katanya bisa ditawar kok, dia dapet KD 5. Akhirnya aku balik lagi. Alhamdulillah kali ini udah aga sepi disini. " Sir sorry, may I see Al Mawrid again? " O yes , sure...." Can I get it for KD4? ...Oh 5 please jawab dia...Terus aku bilang " I am a student, and i have to buy another book too.." ok then, dont tell the other students ok?"..Jazakallah khoir sir, terus dia tersenyum.... akhirnya aku dapet kamus nya walaupun bukan yang original..yang penting isinya sama....Aku punya KD1 lagi nih...karena aku berubah pikiran, cuma KD 5 aja pokoknya utk belanja disini.

Terus aku liat buku cerita tentang kehidupan seorang anak kecil yang kedua orangtuanya sibuk bekerja...judulnya Kebun Rahasia....ini cerita nya sopan, dan bahasanya bahasa sehari2..jadi aku belajarnya enak...ga terlalu susah...tapi karena tebel...aku dapet banyak vocabulary...." dinar wa nuuz" kata si salesman nya.....kayanya udah ga bisa ditawar...yah udah yang satu dinnar td ditambah recehan yang ternyata ada di dompet sisa shopping di citi center beli sabun..hahaha..Alhamdulillah

Sekarang aku tenang, paling ga di kamar ada pegangan buku utk hiburan, dan kamus andalan. Tapi aku denger dr fauqiyah dan Kasya, ada beberapa stand yang kasih buku gratisan...wah aku harus cari nih..ternyata buku2 informasi budaya..aku ga terlalu perlu. Yang juga membuat aku sangat bahagia, pas aku ke stand Saudi Arabia, aku dikasi Qur'an yang kecil bgt, ukuran saku, warna biru, warna favorit, ya Allah baguuuuus banget...Baru aja tadi sore aku di asrama ngomongin masalah hafalan Qur'an ama fauqiyah...dia bersedia menjadi temen muroja'ah dan tallaqi utk aku...terus dalam hati Ya Allah seru juga yang kalo aku punya Qur'an saku, karena aku tinggal di Indonesia. Sekarang aku dapet ...yang lebih bagus. Terus bapak di stand itu juga ngasih kaset, panduan do'a, qur'an yang ukuran sedang, dan brosur2....Alhamdulillah

Udah jam 8, bus asrama udah terlihat parkir di gerbang gedung pameran....semua mahasiswi bergegas, mereka terlihat sangat kelelahan ....mereka belanja kitab2 dalam bahasa Arab gundul...ya Allah, aku bacanya nya aja masih ga lancar haha..mereka udah makanan sehari2...it's better late than never...Alhamdulillah

No comments: