Friday, November 14, 2008

Presentasi Batik




HP ku berdering mengagetkan ku, tanggal 1 november lalu, pas lagi belajar bhs. Arab di KBRI. Terlihat di layar, nomor yang belum ku save, ternyata bang indra, salah satu staff KBRI, ngajak aku terlibat dalam acara " Indonesian Cultural Heritage" sebagai narator utk presentasi tentang Batik Indonesia dalam bhs. inggris. Aku udah denger dari Haidar akan ada event ini dalam waktu dekat. Haidar ngajak aku jadi model utk fashion show, salah satu rangkaian acara di event besar tsb. Tp ku bilang makasih, aku ngga bisa. "orang seperti aku, jadi model fashion show? apa kata Allah? No Way" (dalam hatiku)..." Ini acara untuk para pembesar kuwait ta, yang diundang kalangan terbatas, para ibu duta besar di kuwait dan beberapa organisasi kewanitaan" gitu kata bang indra...dalam hati degdegan juga..tapi aku cuma mengiyakan aja..gimana nanti lah pikirku. Pokonya intinya membantu menyukseskan perhelatan akbar itu.

Beberapa hari setelah itu bang indra telp lagi utk ngasih hand-out ringkasan presentasi tentang batik ke asrama. Alhamdulillah naskah batik udah di tangan. Karena aku emang ga pernah tau apa itu batik secara keseluruhan ternyata ada cultural dan historical background nya, dan menarik bgt. Kagum aja ama keuletan para artisan batik.

Hari ahad aku diajak bang indra latihan di KBRI, sekalian liat slidenya. Ga nyangka, banyak jg yang lagi di KBRI, haidar, pa jati, dan pa dino . waduh, nervous juga diliatin pas presentasi. Alhamdulillah bang indra dan pa dino juga adien memberi masukan dalam banyak hal, content, cara membawakan, intonasi dll....

Besoknya gladi bersih di tempat acara tsb: Royal Suite Hotel, Syuwaikh Area. Ini dekat dengan kampus ku. Jam 5 an ka akim jemput aku ke KBRI, terus dari KBRI kita semua panitia yang terlibat berangkat konvoi, aku di sedan ka ria ama haidar. Jam 7 an malam kita semua udah di hotel tsb. Ada konsumsi alhamdulillah, lumayan laper juga, wah senengnya dapet lontong isi daging pake cabe....

Ga lama setelah itu aku di panggil haidar, utk ketemu pembawa acara, namanya ricky, keliatannya orang kita, ternyata asal pilipin tapi besar di Amrik, dia jurnalist di Koran Kuwait"al-watan". Alhamdulillah dia membantu aku, memberi masukan tetang bagaimana membawakan presentasi batik..secara umum udah betul, dia mengoreksi kata2 sambutan yang formal nya aja, maklum aku emang belum pernah terlibat di acara protokoler kedubes kaya gini. Alhamdulillah setelah latihan di depan dia aku jadi lebih PD. Dia bilang " it is excellent , anita"

Sebelum pulang aku ketemu mba gain, istri pa dino(diplomat). ok anita, latihan yu ke atas panggung. Besok shaikha (keluarga raja kuwait) akan ada di sisi sebelah sini, jadi sering2 liat ke arah sini ya ta, terus para ibu dubes ada di sini.......pokoknya mba gain menjelaskan semua seluk beluk apa yang akan terjadi besok. Wah aku makin panik deh banyak banget pesen2 sponsor, bahasanya harus sopan, ramah, senyum, relax, terus, terus, terus, pokonya banyak.

Dengan semua pesen itu aku makin ga bisa relax, yang ada makin keliatan gugup. " Ga usah gugup, biasa aja, anggap aja murid2 kamu" gitu kata mba gain. Ya Allah aku ngga tau apa yang akan terjadi besok, cuma di bayanganku, akan waah banget ni kayanya acaranya.Dan aku ga juga bisa menenangkan diri.

Bener aja pas gladi bersih ini, banyak banget yang dateng, aku liat beberapa bule, india, arab, dll para seksi sibuk, orang2 KBRI, mahasiswa/i, orang2 indonesia yang kerja disini dll. masyaAllah rame banget. Terus aku harus ke atas panggung latihan presentasi. Aku gugup banget, malu juga di liatin....iiiiih takut.

Beberapa orang duduk persis deket aku presentasi. Tapi alhamdulillah usai. Aku pamit, dianter haidar ke asrama.

Sampe asrama, perasaan gugup belum hilang sempurna. masih ngebayangin, apa yang akan terjadi yah besok...terus aku ke kafetari ketemu banyaak temen2...para mahasiswi arab, bahrain, oman, afrika, bulgaria, para bule2, terus ada beberapa orang cina....aku jadi ngebayangin waduh mungkin besok yang terlihat akan seperti ini kali yah, para orang asing beraneka jenis ras berkumpul terus fokus melihat ke arah ku mendengrkan semua apa yang aku presentasikan tentang batik. Waw

terus aku curhat ama maya dan ralli (bulgaria) :" you know what, i am gonna be a narrator or kind of presenter in a cultural event tommorrow morning, it will be a great event which so many people invited from around the globe, maybe your ambassador's wife will come too. ..." Really ?" gitu kata maya. Terus mereka tanya2, mau presentasi ttg apa? coba presentasikan ke kita....wah ini dia nih ajang latihan lagi hehehe...latihaaan mulu. terus dia mencoba menenangkan hati ku, gapapa, coba aja, kita bener2 pengen tau apa sih batik, gitu kata Ralli juga.

Iya yah bener juga, kenapa mesti gugup, toh mereka memang bener2 pengen dengerin, jadi aku harus memposisikan diri sebagai orang yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin tahu ttg batik...i got the point, no need to be nervous at all. i am supposed to be happy to share it, to share abut indonenea, and all it's heritage...wonderful, anita, it is excellet, and your english is very good, gitu kata maya setelah aku coba presentasi ke mereka. Di kafetari itu padahal banyak banget temen2 ku, tapi karena mereka pada senyum dengerin tentang batik, terus mereka terlhat terkagum2 dan sangat senang mendengarkan, aku perlahan jadi relax dan sangat PD, alhamdulillah.

Sesampainya di kamar ku, segera memperbaiki catatan ttg batik, apa aja yang perlu ditambah ato di kurangi. Tepat tengah malam, baru aku bisa tidur, tapi tetep aja masih kebayang2 acara besok hehe.

Abis subuh keesokan harinya, tanggal 11, aku siap2, batik yang ku pinjam dari latifah kukeluarkan dari lemari. Rok batiknya enak dipake, karena longgar begitu juga kebayanya, terlihat seperti baju kurung. Aku padankan dengan jilbab putih agar warna batik coklat tua dan baju coklat muda nya terexpose dengan baik. Alhamdulillah jam 7 aku udah siap.

Tapi kok ga ada yang miskol yah? siapa yang bakalan jemput aku ni? aku inisiatif miskol bang indra, ga di angkat. ya udah akhirnya aku mencoba menenangkan diri aja, makan apel, terus jalan2 ke kamar teman2 bule. Ku bilang ini batik nya bagus kan? wow it's beautiful, kata Kasya.

Aku balik lagi ke kamar, dan HP ku berdering, iya bener bang indra telp, " ok anita, nanti aku jemput yah jam 8.30 an" terus setelah bang indra tiba, kita ke KBRI, karena adien juga masih di sana memperbaiki slide show nya. Sambil nunggu aku ngobrol ama ka akim, beliau ternyata jaga kandang alias ga ikut ke hotel. Setelah semua siap kita berangkat ke syuwaikh.

Sampe sana semua sudah terlhat sibuk, para model utk fashion show pada sibuk didandanin, terus ricky, sang MC, para diplomat yang menyambut tamu2 dubes , seksi konsumsi hotel dll. Aku juga liat ayu iyen lagi ngedandanin orang2. Bliau karena ibu darmawanita KBRI jadi panitia juga.

Aku ga ngeliat kebutuhan ku utk datang cepat sebenarnya, tapi ku pikir2 ini bagus juga supaya lebih tenang kalo udah disini. Acara mulai jam 11. Satu persatu para tamu datang. Tapi belum terlalu banyak. Aku ke toilet aja ah....pas aku masuk, masyaAllah, subhanallah, toilet nya bagus bgt, bersih dan wangi, terus ada 4 sofa kaya ruang tamu di dalam toilet. Ya udah berhubng aku juga ngantuk , aku tidur aja di sofa, cuek aja lah ku pikir sekalian nunggu acara di buka. " wah mba enak banget bisa tidur" kata mba2 yang lewat pas dia ke toilet. Hehe aku jadi terbangun, ternayata beneran tidur yah aku, walau cuma 20 menit mungkin. Terus aku make up sedikit, ngebenerin jilbab dll, terus HP ku berdering lagi, dan dari bang indra lagi, "anita, ditunggu di panggung yah ama pak dino"

Pak dino ngasih arahan terakhir, terus aku duduk di dekat panggung. Ga lama acara dimulai tepat jam 11. Waw makin banyak ni tamu. Aku liat beberapa wartawan dari majalah dan koran kuwait. Mereka motret2 aku, waduh, khawatir juga muncul di koran, tengsin lah...kegeeran aje

Satu persatu acara bergulir, dari sambutan bpk dubes RI, ibu dubes, sheikha kuwait, dll akhirnya tiba giliran, miss ....anita...

Eng ing eng....

deg deg deg...

iiiih

Aku cuma bisa baca bismillah aja...ya Allah semoga semua lancar...

Diaatas panggung aku liat wajah2 yang menenangkan hati, ada beberapa ibu dubes yang sangat terlihat keibuan, kalo sheikha kuwait sih menakutkan wajahnya menor dan kaga pake jilab, ku pikir negri islam ini ibu2 negaranya pada pake jilbab, ternyata kaga. terus aku liat beberapa wajah bule di depan ku persis yang sangat terlihat ramah dan cantik seolah mengatakan " i am listening to you carefully, so just be relaxed, because i really want to know about batik..."

Dari sapaan formal : The honorable Sheikha Al Salman As Sabah, the honorable madam Farida Faisal the wife of the Ambassador of Republic of Indonesia, blablabla bla bla .....

Sampe selesai, Wassalamualaikum wr wb.....

Semua standing ovation....tepuk tangan bergemuruh...

Alhamdulillah ...waktu nya turun panggung, dengan perasaan lega, senyum ku mengembang .....

Pas di depan tangga panggung, ada bule yang kayanya seksi repot acara ini dari kemaren dia udah keliatan sibuk, bilang: wow excellent, it is really clear".....Aku cuma bisa bilang alhamdulillah, thanks a lot.

Aku bener2 laper setelah berhari2 latihan dan ga tenang, aku bener2 laper nih.

Aku ambil jus mangga ..wuwuw subhanallah enak banget jarang2 di kuwait dapet mangga..kalo mau bli mahalnya minta ampun. Terus aku nambah lagi dan lagi jus mangganya.
Baru minum air putih..ya Allah enaknya...aku bener2 bersyukur

terus....aku bantu2 para ibu2 KBRI jualin batik2 di stand bazaar. kebetulan mereka butuh translator utk nerjemahin kalo ada orang2 asing pada beli....

Ya allah mereka tuh, harga 20 KD, utk rok, dibeli juga, aku 3 KD aja pikir 10 kali deh...
Ada ibu dubes malaysia, beli baju kurung ampe 4 ...ya Allah orang .....

Setelah semua pertunjukan seni, fashion show, pemutaran film indonesia dan tourism dll, ini lah acara yang aku tunggu2....makan siang

Waw aku liat sepanjang buffet semua makanan favorit ku....gado2, risol, kerupuk, aneka jus, ya Allah aku kangeeeeeeeeen banget ama masakan ibuku, dan ini cukup mengobati ....ada ayam gule, ayam goreng, ayam lain2....daging, ikan, nasi goreng ya Allah...tapi ini baru browsing

Akhirnya aku putuskan utk makan gado2, seperti biasa, food combining masih menjadi falsafah...
Sayuran dan buah memang harus menjadi nomor satu. Setelah itu baru aku makan nasi goreng karena gado2 nya cuma nyicip kok hehehe......nyicip tapi hampir sepiring hehe...terus aku ambil risol, pake kuah kacang wuwuwuwu nyam2nyam....nasi gorengnya subhanallah.....mantap banget..anget...sambel terasi ...ketimun...kerupuk..ayamnya wuh mantap.....tapi setelah ini memang aku ga punya ruang lagi di perut...udah kenyang....alhamdulillah...

Aku ngobrol2 deket buffet, terus aku kaget ada ibu2 manggil, anita, anita....ya Allah ooh ibu dubes Malaysia, " Anita, you boleh cakap Ingglis very good yah" gitu kata ibu itu....study English abroad?....hahaha. " Nooo, i study in unversity of Indonesia. " Dia ampe meluk aku, terus ngobrol lama banget, nanya betah apa ngga? gimana kuliah nya dll....bliau keibuan bgt.

Sekarang yang ada aku pengen tidur nih...ngantuk banget....setelah beres2 bazaar, aku nebeng ka ani pulang, bliau baik banget nganterin aku ke asrama.....

Alhamdulillah ya Allah....selesai sudah tugas negara

No comments: