Sunday, February 22, 2009

Badai Debu

Sudah sekitar sebulan ini cuaca di Kuwait tak menentu. Kadang panaaas banget padahal masih musim winter. Jadi aku jarang pake jaket kalo keluar cuma pake baju dobel aja dalemannya kaos tangan panjang luarnya abaya misalnya. Kadang berkabut, terus hujan sesekali. Dan dua minggu belakangan ini sering banget badai debu. Angin berhembus kencang membawa debu.

Mengingat kondisi yang semakin memburuk, wataniya (salah satu provider cellphone di Kuwait) mengirimkan SMS ke masyarakat. Aku pikir aku dapet SMS dari keluargaku malam2 ternyata dari Wataniya, pesannya dalam dua bahasa English dan Arabic. Kurang lebihnya agar pengendara mobil berhati2 karena kabut debu menghalangi jarak pandang bahkan radius 10 meter,jadi semua pengendara harus menyalakan lampu mobil bahkan ketika siang hari.

Di kamar, aku harus ngepel kadang lebih dari dua kali sehari, kalo engga, napak kasar. Pernah aku tinggalin utk mabit (nginep) ke tempat temen selama 3 hari, pas pulang udah kaya rumah yang ditinggal penghuninya setahun. Semua buku, kamus, sprei, selimut terlihat coklat legam karena debu. Ya Allah.

Aku langsung mengganti sprei, membersihkan buku dll, ngepel ampe berkali2....yang sangat melelahkan karena aku harus nyuci selimut.

Terus kalo bernafas, seperti sedang menghirup debu. Ya Allah. Baru ini ngerasain ....mungkin gini yah hawa gurun pasir. Jadi kalo tidur aku seringkali pake selimut dari ujung kepala ampe ujung kaki utk menghindari nafas debu. Kadang bingung juga, kok bisa masuk yah debunya padahal jendelanya tertutup rapat, kurang canggih nih...hehe Mungkin harus dibuat jendela khusus anti masuk debu.

Ketika kita jalan2, latifah bilang, iya nih yang kasian para pembantu harus selalu membersihkan semua area rumah2 orang kuwait yang ukuran jumbo itu. Ga kebayang cape nya....aku aja cuma sekamar ya Allah lelah banget apalagi mereka, dan pastinya kebanyakan pembantu di Kuwait adalah sodara2 kita, perempuan INDONESIA....Barokallahulakum....

No comments: