Friday, February 13, 2009

Sahabat Baru


Liburan kali ini panjaaaang banget. Setelah ujian akhir semester ini, kita libur winter. Dari tanggal 18 januari hingga mulai kuliah lagi 1 maret 2009.

Banyak sekali target yang dibuat selama liburan salah satunya praktek bahasa Arab dengan orang Arab.

Suatu hari aku ketemu Huda, dia PJ rihlah ke Jaziirah Al Khodro bulan lalu dari asrama. Dia asal oman. Tapi tak seperti orang arab pada umumnya, ia lebih seperti orang negro phisical appearancenya. Ia muslimah bercadar. Kalo awal ngeliat, mungkin kita agak takut. Tapi hatiku bisa mendeteksi kalo dia muslimah yang taqwa. Pembawaan nya lembuuuut banget dan tenang.
Memang selalu menyenangkan bila bersama orang yang tenang. Pantas saja Rosulullah suatu hari berkata kepada slah seorang sahabt beliau" sesungguhnya Allah mencinati mu karena pembawaan mu yang tenang"

Suatu malam aku memyempatkan diri berkunjung ke kamarnya seperti yg pernah kujanjikan, membawa bahan bacaan Arab untuk ku pelajari bersama. Paling tidak belajar membaca pikirku untuk melatih menyempurnakan pronunciation ku.

Assalamualikum...."waalaikumussalaam jawabnya, ahlan....tafhadholli"...."Ana aniita...do you remember me? we went to Greend Island together"...."Na'am tob'an"...gitu katanya..

Ga lama setelah itu dia ngeluarin semua yang di kulkasnya, jus, coklat, kacang, dll ....ku bilang aku udah kenyang...terus di bungkusin ..."ya udah utk di bawa ke kamar anita aja". Kaget aku. "Laa syukron..." jawabku setengah berteriak.

Aku belajar membaca, diskusi tentang islam, terus buat rencana liburan ama Huda. Kita berencana utk rajin olahraga.

Keesokan harinya setelah makan siang kita bersiap ketemu di lobby asrama. Jam 12.30 an kita jalan kaki ke pantai syuwaikh. Cukup jauh. Sekitar 15 menit akhirnya kita bisa liat laut ....Subhanallah ...indah banget, bersih. Selama perjalanan kita lebih banyak bercerita tentang keluarga, masa depan, da'wah islam, ikhtilaf di kalangan muslim. Di kala diamnya, dia selalu istigfar, sesekali terdengar suara dari balik cadarnya lantunan qur'an...subhanallah

Huda besar di UEA, jadi dia jarang ke Oman, baru-baru aja karena keluarganya udah pindah ke Oman.

Wah ternyata lelah juga, terus kita duduk di taman dekat pantai. Ada playgroundnya. Banyak anak2 main. Lucu ngeliat mereka. Mahluk tanpa beban, tertawa, becanda, kejar-kejaran. Wah indahnya masa kanak-kanak. Pemandangan itu hiburan ku sambil makan bolu yang kubawa dari asrama. Huda beli chips dari tukang asongan yang lewat. Aku juga pas liat tukang es cream jadi kepengen. Ah sekali2 pikirku. "cam haaza?" " Rubu' "....rasa coklat. Nyam2...kalo makan enak gini aku keinget mami , ba, ade, kakak..haha semua nya....andai bisa berbagi

Wah sudah jam 5...sunset sudah terlihat. Indah banget. Ini peringatan agar kita harus cepat pulang. Hampir maghrib. Tak disangka di tengah perjalanan aku ditelpon ka alei...ya Allah kakak ku ...baru aja aku terbayang2 wajah2 keluargaku ....kangeen. Senangnya bisa denger suara nya.

Untuk jalan pulang ke asrama kita mengambil jalan yang berbeda. Memang agak jauh lewat jalan depan, jalan raya mobil bukan lewat jalan pemukiman kuwait seperti waktu kita pergi ke pantai. Ya Allah kaki pada pegel. Tapi badan kita seger berkeringat.

Tiba di asrama, uma telpon wah senengnya.....

Paginya, kadang kita juga jalan2. Pagi kali ini kita keliling kaifan, pemukiman kuwait deket asrama. Kita lihat burung2 berterbangan. Cuaca cerah sekali dan matahari pagi menghangatkan tubuh kita. Kita terus berjalan kaki, sesekali ketemu tukang kebun yang sedang membersihkan taman2 rumah orang kuwait yg besaaaar banget itu. Indah ....bunga2 dimana-mana. Dulu aku ga pernah kebayang kalo di negri arab ini ada bunga2 beragam warna.

Akhirnya kita ketemu ruko2. Ada market kecil. Huda bilang" Ana ahtaj an ashtarii syaiin". Ini di kuwait disebut Jam'iyah (toko). Dia beli susu, coklat, panganan ringan dll. Anita tuhibiin? haza mufid...dia menyodorkan Yogurt dan coklat utk ku....Aku bilang " laaa syukron" karena selain ga begitu doyan, di asrama juga ada cuma beda kualitas aja dikit.

Terus kita liat ada toko pakaian, toko sepatu dll. Ada sepatu yang harganya 2.5 KD, lucu banget. Simple dan kayanya enak utk jalan2. Tapi kupikir aku akan membelinya kalo sepatu ku udah rusak alias ga bisa dipake lagi. Paling ga aku tau ada tempat toko sepatu deket asrama.

Semua toko pemiliknya berwajah India. Hebat yah mereka jiwa bisnisnya...mendominasi pasar kuwait (bahkan di seluruh dunia). Mereka memang terlihat jiwa2 yang tangguh dalam berusaha.

3 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum..
mba Anita, seneng bisa dapat blog mba Anita. Salam kenal.
Saya murid ibu Iin Sakinah Kulac (guru PASIAD). Mba masih ingat?

Wa..
Subhanallah pengalaman mba Anita..
saya ingin seperti mba.. heheheh
Amin

anita rumsyah said...

Waalaikumsalam wr wb

Hi sheyla...nice to see you here..kita emailan aja yu...anitarumsyah@yahoo.com

Please tell me more about you...ditunggu yah emailnya

anita rumsyah said...

Waalaikumsalam wr wb

Hi sheyla...nice to see you here..kita emailan aja yu...anitarumsyah@yahoo.com

Please tell me more about you...ditunggu yah emailnya