Tuesday, December 9, 2008

Idul Adha pertama di Kuwait

Seminggu sebelum eid yeni dan fina pas kita ngobrol2 udah saling mengingatkan...puasa arafah yah ..lumayan ngampunin dosa ni, gitu kata yeni. Kita langsung ketik reminder di HP masing2 utk sahur. Alhamdulillah. Aku sangat menantikan lebaran di middle-east ini...kaya apa yah?


Aku memang ga ngebayangin masakan2 indonesia, seperti yang biasa aku harap2 di indo pas lebaran. Pasti disini ga akan ada masakan yang ngalahin masakan ibu pas lebaran.


Sehari sebelum lebaran aku cuma berharap ada takbiran besar2an seperti yang selalu aku jumpai di indonesia. Tapi ampe magrib aku ga denger apa2, walau pun asrama ku deket beberapa masjid. Cuma pas akus setel radio....ada liputan haji "labaikallahumma labaik, labaikkalaa syarikala kalabaik" ...pas abis magrib itulah aku baru denger takbiran itupun di radio....ya Allah ..o begini ya lebaran di Kuwait. Aku SMS ka akim and yu iyen, pengen nginep di rumah mereka supaya paginya bisa solat bareng di masjid dengan mereka sekeluarga. Tapi mereka bilang mereka solat di KBRI, berhubung KBRI jg deket dengan asrama ku, ya sudah aku memang sebaiknya jalan kaki aja dari asrama pagi2 jadi ga usah nginep.


Setelah subuh di hari lebaran, aku langsung siap2, pake abaya baruku yang kubeli di suuk jum'ah, harganya KD2, lumayan ...nyaman bahannya. Alhamdulillah. Dan ga boleh ketinggalan, jaket. Dingiin banget nih, mana mau jalan kaki. Jam 6.15 dari jendela ku udah terlihat bus asrama keluar nganter mahasiswi yg pada mau solat id di masjid samping.


Jam 6.30 aku turun, tapi abla manggil aku, dengan berbahasa arab dia melarang aku pergi. " Leish? " jawab ku. Ternyata peraturan asrama kita ga boleh keluar sebelum jam 8 sendiri, harus pake bus atau dijemput. wah ..mushkilah..."abla...ana saazhab ila safaaroh indonesia, hazihi qoriib jiddan, mafii mushkilah , abla" gitu kata ku memohon2..mana solat id jam 7,ku coba jelasin berulang2... dia masih aja ngomong dan mikir2...ada kali aku ditahan di resepsionis ampe 10 menit..ok sab'a ila rubu' ...capeeee deeeh....


Waduh 1/4 jam lagi nih solat mulai...aku jalan cepet2....sambil baca almatsurat, gemeteran kedinginginan, aku liat orang (mungkin dari benggali) papasan dengan ku, aku sendirian lagi, bacaan almatsurat ku ku kencengin sambil nunduk..dalam hati takut juga sih, Ya Allah lindungilah hamba Mu ini....aku berdo'aaaa aja....alhamdulillah ternyata dia ga ngapa2in aku....pagi ini cukup cerah....burung2 bertebrangan, matahari terbit menghangatkan wajahku..karena aku benar2 melawan arah sinar matahari menuju ke arah KBRI.


Lantunan takbiran terdengar dari semua penjuru di area kaifan...Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar laailahaillallah huwallahuakbar....semua sama, cuma nada nya aga unik, agak beda dikit dari yang biasa aku denger di Indonesia..tapi seneng juga nadanya...wah udah keliatan tuh bendera indonesia berkibar di KBRI, berarti udah deket nih...aku dikagetkan oleh rem mobil persis berhenti disampingku, Ya Allah..aku kaget banget, mobil jip biru besar di samping kiri ku.....ternyata bang indra....hehe"kenapa ga dari tadi aja bang? udah deket gini baru dijemput" hehe..."abis nita ga SMS sih"...


Aku langsung naek ke ruang lobby kedutaan, mba2 TKW semua udah memenuhi ruangan. Ada beberapa ibu2 di belakang para istri insinyur minyak, aku ngobrol dengan istri pa bambang, ternyata beliau dari pasar minggu, rumahnya deket Robinson, aku bilang ade ku jg di sana daerah kemuning...Aku ga liat Alvi, ayu iyen juga da ada. ternyata lantai basement di musola jg dipake utk sholat.


Kali ini yang khutbah bang aziz, ketua PKS Kuwait. Ulasan tentang semangat berkurban dalam kehidupan sehari2 di Jalan Allah....


Setelah solat, kita salaman dengan para mba TKW, waduh banyak banget yah, dan karyawa2 KOC, Chevron, perusahan2 minyak, para perawat, staf KBRI dll, baru aku ketemu ka Akim dan ayu iyen. Alvi ga ikut katanya masih tidur.


Terus aku diajak ke rumah yu iyen, kita masak tom yam, wow aku baru tau masakan ayu iyen lezat juga yah. Ga lama setelah semua beres jam 11 lewat kita ke rumah pa duta besar, open house. Nah ini dia nih masakan indonesia....semua ada, pertama aku makan sate pake lontong, pake acar dikit, terus kerupuk udang. Subahanallah enaknya. terus ditawaran ama temen2 makan nasi, berhubung udah kenyang, aku ngambil nasinya dikit, pake sambel kentang, opor, timun, kerupuk. Alhamdulillah.Nyicip kue lapis legit seiris, kacang barang lima butir, terus jeruk lokam dan anggur....

Aku liat banyak banget ragam orang indonesia, dari TKW, perawat, insinyur minyak, pegawai2, pekerja2, staf2, terus beberapa perempuan indonesia yang didampingi suami2 orang asing seperti iran, kuwait, mesir, bule2, india dll, anak2 PPI , semua ngumpul, dari yang berdandanan menor, perlente, dan sederhana, religious, educated, yang sopan, yang ga sopan, semua ada.


Pembesar KBRI beserta jajaran diplomat duduk di bangku terdepan, jadi semua yang datang langsung ke arah mereka utk salaman ato pamit pulang, aga formal. Tapi di jajaran belakang, kursi2 udah ga beraturan, mebentuk forum bundar ato persegi utk tiap2 komunitas..biasa lah ...aku jalan2 keliling kenalan ama sebagian besar group2 tsb, ada yang kerja nya di ambulans, dia cerita2 suka duka kerja di kuwait, " iya teh, tetep we lebih baik di Kuwait, da di jakarta mah gaji na kecil pisan, lamun di die mah tiasa ngirim ka indung alhamdulillah" gitu katanya...dia jadi ngomong sunda pas aku bilang aku dari bogor. hahaha....ada yang dari garut, sukabumi, wah pokokna mah sunda kabeh hahaha...aku palling deket di group sunda kemaren jadi lama ngobrol ama mereka. tapi aku keliling juga ke semua pojokan, sambil menyebarkan selebaran PKS," nyate bareng PKS" itu acara silaturrahim PKS Kuwait dengan masyarakat Indonesia disini, diadakan keesokan hari setelah id, jam 9 ampe jam 2. Di taman rekreasi Reggai.


Ayu iyen dan ka akim bilang: " oo kamu PKS" hehe...terus orang2 KBRI juga, Wah gua milih Barak Obama ta..hehe...besok kalo dateng gua harus jadi PKS yah? hehe....


Apa pun partainya yang penting ukhuwah tetap di jaga ...itu slogan kita..membantu dalam kemaslahatan...

Pas mau juhur, aku ke ruang bawah basement rumah pa duta besar (dubes)...wah besar banget rumahnya. Disini aku ketemu ma'il...tapi ga banyak ngomong aku jg mau sholat, dia ga sholat kayanya, aku ga banyak liat orang pada mikirin sholat, masyaAllah, semoga mereka udah kali yah..terus pas keluar aku ketemu keluarga ma'il tapi mereka sibuk ngobrol dengan orang, setelah salaman mereka ga membuka percakapan malah beralih wajah ke temen ngobrolnya, bahkan ga bertanya tentang kondisi ku walau pun aku bertanya ttg mereka. Ya wis, aku berlalu pamit ke group2 sunda tea, dan ke akhowat2 PKS, ketemu asia, anak nya latifah, lucuuuu banget.

Selepas itu, ayu iyen mau menjamu temennya yang kerja di Arab Saudi yang sedang berlibur di kuwait. Jadi aku ikut jalan2 bareng mereka semua dua mobil. Pertama ke marina mall, marina beach, jalan2 sepanjang pantai, terus ke restoran asia, makan tomyam dan makan bakso ....wow lezat banget.

Selama di perjalanan aku cuma liat satu keluarga kuwait yang rumahnya persis di samping jalan dekat KBRi nyembelih kambing, aku ga liat lagi...terus jalanan sepi mugkin mereka sibuk acara di keluarga masing2. Baru pas aku ke mall liat banyak bgt orang arab makan di restoran2 ke taman2, pantai, dll....tapi nuansa keagamaannya ga terlalu terasa. Atau perasaan ku aja yah?biasanya di indo, kita ada tulisan2 selamat hari raya...ato apa gitu, terus lagu2 di mal, lagu nuansa Islam, mall di kuwait kaya di negri non-muslim aja, ga ada sentuhan yang mengingatkan kalo ini hari idul adha....la ila ha ila Allah

Sedihnya lagi pas aku mau solat magrib mereka ga berhenti, jadi telat, baru solat magrib sendiri menjelang isya di dekat restoran.....ya Allah ampuni aku ya Allah...Aku tak berdaya..Semoga Allah memberi hidayah bagi kami semua dengan cahaya iman islam...amin

Tepat jam 9.30 aku diantar pulang ke asrama karena during eid holiday asrama tutup lebih lama, jam 10 teng..." dasar anak asrama, kaya sinderella nih" hehehe gitu kata yu iyen

No comments: