Thursday, December 11, 2008

Al Jaziirah Al Khodro











Setiap lunch kita, anak2 markaz lughot, sibuk buat rencana harian, ma za fa'alti ams? ila aina anti al yaum? sambil praktek2 bhs arab kita yang masih acakkadut hehe...you know what maybe we need ten minutes to construct a correct arabic sentence..hehe. Tgl 10, ada pengumuman di mading asrama, hari ini jalan2 ke al jazirah al khodro (Green island) dari jam 3.30 -- 20.00 terletak sekitar 20 menit dari asrama Kaifan. Aku sebenarnya, lelah, pengennya istirahat aja di asrama belajar. tapi temen2 pada provokasi, hilal dan husna (asal Turkey) juga temen2 poland bilang ikut aja, walau pun list nama2 mahasiswi udah penuh di mading, selalu ada kemungkinan mereka pada cancel. Betul aja, jam 3.30 aku turun ke resepsionis, sebagian besar yang udah pada daftar reregister, dan ada beberapa mahasisiwi thai yg cancel, jadi aku bisa menggantikan mereka.

Jam 4 kita udah tiba di lokasi, bus kita ke arah pintu gerbang sebelum parkir, dari jalan kita udah bisa liat pantai, nan biru bersih dikelilingi gedung2 pencakar langit. Subahanallah indah bgt. Aku kalo liat ini malu ngebayangin pantai Indonesia di jakarta yang penuh sampah terlihat kumuh disekitar tempat rekreasi, skala kaya ancol aja jalan menuju kesana bener2 kotor. Tapi di kuwait subhanallah bersih.

Setelah turun bus, kerasa banget angin lautnya. Kita berjalan menuju entrance gate kita lihat banyak bgt arena permainan anak, kolam bola, terjun luncur, dll. Ada salah satu akhwat dari oman yang ditugasi abla sebagai PJ rihlah. Dia yang bayarin kita tiket masuk dr uang yg Abla kasih. Dari pintu masuk ada banyak pilihan arah, di muka pintu masuk ada layanan sewa kaya becak, dan sepeda. Keluarga2 arab terlihat sangat menikmati keliling pulau (boongan/alias pulau buatan dekat pantai) dengan itu. Anak2 pada maen sepeda. Kalo mau bergroup kita bisa naek kaya kereta di Taman Safari gitu. Tapi dalam hati dari pada ngeluarin Dinnar, mending jalan kaki keliling, olahraga, sehat. hidup jalan kaki. Kita juga lihat banyak orang2 arab apalagi india, dimana2 mendominasi, kadang mikir, ini kuwait atau bombay yah? hehe...mereka pada ngampar tikar/karpet sambil makan2 bercengkrama dengan keluarga mereka. Ada jg yang memenuhi restoran2 didalam arena ini, atau bejalan2.

Alhamdulillah temen2 ku yang sederhana nan bersahaja seperti aku dari oman 3 orang, dan 1 orang filipin. Mereka itulah yang bersedia jalan kaki bersama ku. Dari sisi pulau ini kita bisa liat Abraaj kuwait...kuwait tower,terus pemandangan kota kuwait, hari ini kita sudah liat bulan hampir bulat sempurna jam 4 sore, matahari merengkak menunju sunset, indah banget subhanallah, burung2 hitam berterbangan, subhanallah alam yang sangat indah....aku jg kagum negri gurun pasir ini bisa menanam pepohonan di pulau ini Subhanallah...hijau banget, pantes namanya al khodro (hijau).

Ketika kita berada pas berhadapan dengan arah kuwait tower, kita denger Azan Magrib...Allahuakbar allahuakbar....temen2 oman berlalu, aku dan temen filipin, aliah, insiatif langsung mencari toilet kita tanya salah seorang amil yang sedang nyapu di taman: Aina hamam annisa wa mushola? Ternyata ga jauh dari situ. Alhamdulillah cukup nyaman WC nya. Tapi kita kok ga ngeliat mushola nya yah. Kita cuma liat kaya monumen benteng gitu, kita naek ampe ke lantai tertinggi, bentuknya tangga besar melingkar disisi bangunan, dari sini kita bisa melihat pemandangan kota kuwait lebih jelas. Subhanallah lampu2 mulai dinyalakan....indah banget." let's just pray over here." Ku bilang ke alia, dia setuju, alhamdulillah aku bawa kertas2 folio bs utk tempat sujud. Kita sholat ditemani hembusan angin kencang. Alhamdulillah pake jaket, jilbabku supaya ga terbang kesono kemari di masukin ke dalam jaket. Wah kita kaya melayang, diterpa angin laut di atas puncak benteng itu. merinding, takut juga, tapi jadi bener2 berdoa sama Allah hehe. Usai sholat maghrib kita liat ditengah2 bangunan ini ternyata ada tangga kecil yg melingkar menuju kolam dari laut. Iih takut...entar kejebur, syahid deh hehe...kalo udah liat air kita bener2 jadi merasa kecil dihadapan Allah, penuh ketakutan , bahwa kita memang butuh Yang Maha Besar, tempat bersandar.

Aku dan aliah jalan2 lagi, laper juga sih, aku tanya hilal pas dia beli jagung keju rebus di cup dia bilang " nuz dinnar" , kepikiran juga pengen beli ciki, tp aku inget di kamar ku padahal banyak makanan yang dikasi ayu iyen, kacang, chips2, wah aku nyesel jg kenapa ga kubawa. Kupikir ngapain aku jajan disini, bentar lg juga pulang, emang kaya anak kecil yang itu...aku liat ada anak kuwait yg lagi makan ciki..dia ngebenerin rambutnya pake bando. Kaifa hazihi? terus dia ngomong bhs arab panjang bgt, ke arah aku ama alia, kita bhs arab nya masih kacau gini diajak ngomong, akhirnya kita cuma jawab..woow anti jamiilah jiddan..terus dia ketawa2..akhirnya kita ngobrol2 ...Aku jelasin: la astati' atakallam arobi jayyid, hehe, suwayih2 hehe..adrus al an fi jaami'atul kuwait fi markaz lughot fi marohil al ibtida'i hehe....terus aku tanya2 dia ...terus dia bilang walakin anti jayyid jiddan...hahaha..waduh makin banyak dia ngomong arabnya...makin aku ga ngerti..si alia jg ga jago2 amat lagi...akhirnya kita akrab,dia masih SD di sekolah negri kuwait di shulaibhikat. Dia bilang bentar yah, saya mau makan ciki, tolong pegangin ni sepeda yang saya sewa. Terus aku bilang, mumkin ana ? sambil tunjuk sepeda..maksudnya pengen minjam hahaha...terus dia bilang tafadholii....hehe aku kelilng2 pantai pake sepeda haha senangnya...alhamdulillah aku jadi inget waktu belasan tahun silam waktu ayahku beliin sepeda dulu pas SD....alhamdulillah karena udah malam, aku ga terlalu keliatan naek sepeda, lagian pake abaya hitam hehe. paling ada beberapa orang aja yang ketemu lagi naek beca papasan.

Kita jalan2 lagi menuju bangunan yg ke arah tengah laut, disini kita ketemu anak2 poland dan taiwan, terus mereka bilang mau ke music live show dekat sana katanya sambil menunjuk ke kerumunan orang....pas ku liat orang2 arab udah siap di panggung nyanyi2. Wah aku ga tertarik, berisik.

Kita jalan lagi ketemu anak oman, korea, dan turki. Mereka jg lagi liat2 taman. karena kita lelah kita cari kursi duduk menghadap ke pantai sambil menikmati indahnya bulan dan beberapa bintang. Pesawat lalu lalang diatas kita. Alia bilang : "I always want to go to filipin when i see airplanes" dalam hati juga, aku sedih juga inget mami dan ba ku...wah mereka lagi ngapain yah, disana jam berapa? aku ngitung2 perbedaan jam terus kubayang2in ooh mungkin lagi tidur....
Ku bilang, just make a du'a...just be happy....

Setelah terdengar azan isya, kita langsung cari mushola, kali ini alhamdulillah dapet, ternyata deket pintu masuk. Aku langsung wudhu dengan alia, ke toilet yg tadi, karena mushola nya ga ada tempat wudhunya. Tapi pas mau wudhu kita liat ada ayunan kosong di taman dekat menara, wah kita ga mau melewatkan moment ini dari tadi orang2 arab mulu yang make. Sekarang alhamdulilah dapet giliran. Aku ga lama, karena agak dingin jd pusing, terus akhirnya alia yang make, lama dia seneng bgt, sambil nunggu aku ke toilet dia maen ayunan sendiri.

Di mushola, ada dua ibu2 gemuk tinggi besar ato udah nenek2 mungkin udah sholat duluan. Pas dia berbalik, dia tersenyum ramah ke arahku, "assalamualaikum" kata dia. Aku seneng liatnya, seperti kajut ku (nenek)..hehe ...cantik banget, kulitnya putih, di dua jari nya melingkar cincin2 besar mengkilau, pakai baju dingin berbulu di bahunya, udah terlihat nenek2 tapi keren banget. Persis seperti kajut ku waktu beliau masih hidup. Kajut suka pake perhiasan, baju bagus, dan selalu tampil cantik walau ga pake make-up walau cuma di rumah aja..beliau putih banget... dan nenek ini mengingatkanku pada kajut saat2 terakhir pas aku nungguin kajut di rumah sakit pertamina dulu ...ya Allah berilah tempat yang mulia utk kajut disisi Mu.

Setelah sholat kita memutuskan diam di mushola aja karena udah makin dingin makin malam. Kita tilawah, aliah murojaah hafalannya, dia subhanallah selalu komat-kamit sepanjang perjalanan, tidak banyak ngomong, kalem orangnya. Aku juga baru tau kalo dia pengantin baru, suaminya di tinggal di filipin kerja ...ga kebayang deh aku, suami istri misah apa rasanya..pantes kalo liat pesawat pengen pulang kampung hehehe

Jam 7.20 kita udah BT, diem di mushola, ampe ketiduran hehe, akhirnya kita ke pintu keluar, udah ada bus asrama. kita naek aja ke bus. Aku nerusin tidur di bangku paling belakang selain bangkunya panjang dan lebih hangat. Alia tidur sambil duduk. Pa supir keluar nunggu mahasiswi lain karena jadwal pulang emang jam 8.

Tidurku dikagetkan oleh suara tawa mereka ternyata udah pada kumpul semua sambil memperlihatkan foto2 di kamera masing2....yang mereka ambil di pantai

Alhamdulillah , tiba di asrama dengan selamat......have dinner directly please...I am starving...gitu kata temen ku...

No comments: