Friday, October 24, 2008

Jalan-jalan ke masjid sekitar asrama






















Hari kamis, tgl 17 okt, setelah kuliah, aku merasa bosen ke asrama lagi, lagian lagi puasa syawal jadi ga makan juga. Setelah sholat juhur di asrama, aku janjian ama temen2 taiwan berlima jalan-jalan sekitar asrama. Kita siap-siap, bawa payung, karena siang2 gini Kuwait panas banget. kira2 jam 2 an kita keluar pintu gerbang asrama. jalan menyusuri dinding pagar asrama di sebelah kanan gedung asrama,kita melewati fakultas syariah universitas kuwait yang letaknya di belakang asrama, menuju masjid di seberang jalan.


Subhanallah masjidnya indah banget. Tapi dalam renovasi. pintunya juga ga dibuka. Sepertinya disini dibuka kalo pas azan aja... Akhirnya kita cuma liat2 dan foto2.





Aku aus banget, tapi ga mungkin buka puasa, jadi ditahan2 aja. Terus kita memutuskan utk mencari tempat lain. Kita jalan lagi menuju ke arah utara sebrang fakultas sastra, ada masjid lagi. kayanya disini banyak bgt masjid. Semua nya bagus dan mewah. nyaman tapi jarang yang dibuka kalo ga pas azan.


Di masjid ini semua pintu tertutup, dari jauh kita nerka2 wah dikunci ga ya? terus masuk ke pintu gerbang, sunyi, sepi, ga ngeliat siapapun bahkan pengurus masjid nya ga ada. terus aku mencoba membuka pintu masjid yang terdekat dengan pintu gerbang. Ternyata tertutup. MasyaAllah bener dugaan ku. Wah sedih juga padahal pengen liat masjid Kuwait kaya apa. temen2 taiwan ku juga kecewa karena mereka non-muslim dan tertarik dengan Islam.


Kita ga putus asa, kita coba lagi ke pintu yang lain, pintu nya banyak banget dan besar2...


Setelah itu kita muterin mesjid dan liat ada pintu lagi di samping kanan. Aku coba buka, Alhamdulillah, ternyata ga dikunci. Pas masuk ada ruang kecil tempat mading masjid dan rak sepatu besar. Ada pintu lagi menuju ruang masjid utama. Subhanallah masjid nya enak banget. Semua lantai berkarpet, tebel banget, bagus. Semua terlihat unik. Jendela, mimbar, saf2 di depan ada minyak wangi yang tersusun rapih, ada Qur’an di rak yang dijejer sepanjang dinding masjid. Kita coba-coba make minyak wanginya. Iiiiih minyak nyong-nyong. Dari baunya ini memang utk laki2.kita langsung tutup lagi botolnya.
Aku langsung merasa seger ada di dalam masjid, AC nya sejuuk banget. Semua terlihat rapih dan bersih. Terus kita liat2 semua ruangan, kita foto2 semua sisi masjid. Lalu aku liat ada pintu, ternyata ruang marbot nya. Ya Allah, kita takut banget, dia langsung ngomong ke kita, tapi pake bahasa Arab. Yang jelas pasti dia bukan asli Kuwait Cuma pegawai migrant mungkin dari India atau dari negara arab lain.
Marbot tersebut langsung menunjukan kita tempat khusus wanita. Wah padahal udah PW, barang2 bawaan kita kita angkut lagi deh. Maklum temen2 semua bawa payung, tas, kamera, air minum, dll. Trus kita ke sisi masjid belakang. Ada pintu yang sama besarnya, tertulis Mushola annisa, bentuknya sama seperti pintu2 lainnya.
Ternyata tempat wanita lebih nyaman dan tertutup. Di samping rak sepatu ada 3 toilet , terus tempat wudu. Bersiih banget. Ada tempat tisu,sabun cuci tangan, mesin pengering tangan, dan wastafel.
Dari tempat rak sepatu ada pintu lagi menuju ruang tempat solat. Terus kita liat ada rak tempat mukena. Mukenanya unik , terusan panjang dari muka sampai kaki. Warnanya aku suka, bercorak bunga2, ada yang biru, merah, hijau, kuning dll. Temen2 taiwan liat itu seneng banget. Mereka coba2 dan subhanallah. Mereka terlihat cantik banget. Terus aku wudu, karena waktu asar udah masuk, tepat jam 2.37 siang.
Pas aku mau sholat, mereka nanya, bagaimana caranya?berapa lama utk solat? Dll. Semua pertanyaan kujawab sampe aku kaya ngadain kuliah umum hehe. Mereka tertarik banget pengen tau banyak hal tentang Islam. Akhirnya aku bilang ya udah mari kita sholat sama2, kamu semua ngikutin aku ya, semua gerankannya simple kok..
Semua mengikuti aku, sampe aku berdoa, mereka juga mengankat tangan seperti aku. Padahal doa yang panjang itu juga sebagiannya mendoakan mereka supaya mereka dapet hidayah. Aku ga tau persis apa yang di benak mereka.
Setelah sholat asar, kita kecapean, aku juga haus banget, tapi kita belum mau beranjak, lagian aku pikir buka puasa juga masih lama. Ya udah kita tidur2an di masjid pada berbaring semua. Mereka ga lepas mukenanya. Lucu ngeliatnya.
Lalu ada suara pintu terbuka, kita pada kaget dan terbangun. Ada tiga wanita arab berabaya hitam. Mereka langsung membuka abaya lalu duduk istirahat dekat kita dan membalas senyum kita. Dan semua mengalir alami hingga kita terlibat dalam percakapan yang sangat akrab. Sampe tuker nomer HP dll.
Mereka ternyata orang Kuwait asli. Ikhlas, 30 , Du’a, 20, dan Aisyah 13.Mereka saudara kandung. Ikhlas kerja di perusahaan ,dan belum menikah. Kupikir orang arab semuanya menikah muda dan dapat jodoh cepat, ternyata dia juga belum nikah. Du’a,mahasiswa di fakultas syariah dan aisyah di SMP. Mereka mau jemput Du’a pulang.
Setelah beberapa minggu di Kuwait aku baru mempunyai kenalan yang cukup akrab dengan orang pribumi. Mereka sangat terlihat bahagia berkenalan dengan aku dan temen2 taiwan.
Kita bercakap2 tentang banyak hal. Tapi mereka terburu2 karena mau ngejer buka puasa di Rumah. Sekarang kita di Kuwait magrib jam 5.13 sore. Jadi mereka pamit. Tapi mereka menjanjikan akan bertemu lagi kapan2. Bahkan insyAllah katanya akan ngajak kita maen ke rumah mereka. Wallahu’alam.




No comments: