Thursday, October 30, 2008

Hasil medis ku

Setelah medical cek up tgl 13 okt lalu, satu minggu kemudian, teman2 ku pada dapat hasilnya. Mereka di kelas pada nunjukin kertas medical report. Aku bingung, kok aku belum dapet siapa yang ngasih? ternyata ada seorang supir yang dulu nganter kita cek up, dia kalo ketemu temen2 ngasih info kalo report nya udah jadi.

Terus ari (salah satu temen indonesia) ketemu supir itu juga di depan kampus, lalu langsung manggil aku. Terus kata supirnya , sini pasport nya nanti diambilin. Tapi pas dia liat pasportku, barcode(tempelan nomor antrian waktu medical cek up) udah kulepas. Karena waktu itu kupikir, kan medickal cek up nya udah usai pasti hasil nya langsung di kirim ke bagian kemahasiswaan. Ternyata barcode itu penting utk pengambilan hasilnya. MasyaAllah aku sedih banget. Terus kata supirnya, ya sudah ambil sendiri aja, saya ga bisa bantuin karena repot kalo pasport nya ga ada barcode tsb.Dia menyarankan aku minta abla asrama menyediakan bus utk ku kesana ke rumah sakit sendiri.

Ya Allah, aku cuma bisa tawaqal illalllah.

Pekan berikutnya, tanggal 27, setelah aku kuliah jam 11 usai aku bolos kelas terakhir dengan Ust. Badr. Karena aku takut hasilnya kenapa2. Terus aku ke asrama barenga ari, supaya dia bisa anter aku ke rumah sakit. Pas ampe asrama, abla bingung kenapa aku sama ari, aku bilang dia temen indonesia ku. Tetep ga boleh. Di sini kita ga boleh keluar ama laki2. Padahal ku pikir kan kita di bus ada supirnya, dari pada berdua doang ama supir mendinga ada ari juga. Akhirnya Ari balik lagi ke kampus. Aku sholat juhur, dan pergi ke rumah sakit sendiri dengan bus asrama.

Tiba di rumah sakit, jam 12.15 an di Mushtasfa Assabah Qism Fahs Tibbi lil wafidin /Assabah Hospital Medical Foreignner Section di dekat kampus KU , syuwaikh. Seperti yang pernah aku liat, banyak sekali orang2 non-kuwait pada antri, Aku bingung sebelah mana yah tempat pengambilan hasil medis. Alhamdulillah aku liat orang indonesia, perawat laki2. aku langsung bisa nebak kayanya orang jawa, aku tanya, mas bisa bahasa indonesia? "iya "katanya. Wah ga salah lagi berarti dia orang kita. Karena banyak juga yang asal pilipin.

Dia bilang aku salah harusnya aku bawa pasport nya ke bagian X-Ray section (rongsen) ini di rumah sakit yang satunya, cabang dari ini. Baru setlah itu kata mas perawat itu aku dapat kartu kuning utk pengambilan hasil disini. Tapi dia mengingatkan bahwa sekarang udah mau tutup rumahsakit. Disini hanya sampai jam 12.30. Karena rumah sakit ini hanya utk pemeriksaan para expatriat / non- kuwaiti utk urusan iqomah/izin tinggal di kuwait.

Aku bergegas ke parkir tempat bus asrama ku parkir. " Ila X-ray please, Syukron" (campur2 antara inggris dan arab disini biasa, aku arab kaga lancar, pake inggis semua kadang supirnya ga ngerti, karena sebagian supir asrama orang arab mesir, kalo pas kedapetan supir india aku pake inggris.

Sampe di x-ray center, aku bingung, penuh banget para migrant worker, pada antri di lobi registrasi. MasyaAllah. Terus aku selalu berdoa, agar Allah memudahkan semua. Setiap langkah aku cuma berdzikir, ya Allah mudahkanlah. Lalu aku ke loket yang kebetulan kosong. " Sir, i want to take my medical result. this is my passport, but i removed the barcode , could you please help me!" dia langsung ngambil passport ku dan bilang " no problem" terus dia input data2 ku lalu print our barcode baru, lalu ditempel di passport ku bagian cover belakang. Alhamdulilllah....Ya Allah terima kasih

Setelah itu...sebelum dia ngasih pasportku dia tanya2 ..are you a housewife or housemaid? tega banget sih, kenapa ga nanya are you a student. Maklum lah aku...karena orang Indonesia image nya pembantu di sini, jadi dia pikir kalo liat muka2 kita, mereka cuma ada dua pilihan pembantu atau ibu rumah tangga. MasyaAllah kasian bangsaku...kita hanya dianggap sebagai negara pembantu.
" I am a student in kuwait university Sir" Dalam hati ku, emang ada yah pembantu yang bahasa inggris nya kaya aku? '' Lalu dia bilang oooo i see...." lalu dia kembalikan passport ku " Your result is ready, just go to room 53" gitu katanya dengan perlakuan yang lebih menghormati aku.

Lalu di ruang 53, setelah aku kasi paspor ku, petugas tsb langsung ngasih kartu kuning.

Bergegas menuju parkiran, dan benar sudah lewat jam 12.30 berarti aku harus langsung pulang...insyAllah besok nyaaku mungkin ke rumahsakit lagi.

Di kamar aku pikir2, kalo aku ke rumahsakit lagi, aku harus bolos dong, padahal ada tes. Wah gimananya.
Ya Allah berilah jalan keluar hamba Mu ini.

Esok harinya, aku cerita2 ama temen2...ternyata, kasya (asal Polandia) juga mengalami nasib yang aga sama, dia ga pernah ketemu si supir stb. Akhirnya aku janjian ama dia " what about tomorrow morning? because we are running out of time today, it's too late because the mushtasfa is closed at 12.30"

Alhamdulillah pagi ini, kita arrange bus dengan Abla. Ga lama bus datang depan lobby asrama. Aku dan kasya. Tiba di X-ray center kita ambil kartu kuning kasya, lalu ke blood center. Subhanallah. Alhamdulillah. Hasil medic kita ga ada masalah..semua baik2 aja. Disitu tercantum nama dokter, jenis darah, dll yang intinya kita bisa melanjutkan proses pengambilan Civil ID card( KTP) kuwait.

Dilain pihak ada berita duka dari teman taiwan ku ( Leng). Dia minggu lalu memang sempat curhat katanya hasilnya bermasalah liver. Tapi dia katanya ga percaya, dan mendesak pihak rumah sakit utk cek ulang, terus dia medikal cek up lagi, tadi dia udah dapat hasilnya. Dan Ya Allah , benar hasilnya bermasalah lagi, jadi dia harus balik ke taiwan, ga bisa melanjutkan beasiswa ini di kuwait. Ya Allah aku membayangkan kalo itu terjadi pada ku pasti sedih banget. Pantes kemaren dia di telpon nangis2 mungkin dia sedangn ngomong ama keluarganya di taiwan. Tadi jam 6 sore, mobil sedan parkir depan lobby, ada bapak2 taiwan dan istrinya, ternyata mereka dari phak keduataan taiwan mau menjemput leng utk ke bandara, pulang ke taiwan. Ya Allah...semua hanya Allah yang paling tau hikmah semua kejadian.

Kita berpelukan semua teman2 sedih melihat leng pulang ....semoga dia dapat hidayah, dan dapat kesempatan lain di masa yang akan datang. Aku sedih karena kita sempat jalan2 bareng ke masjid, dia pake mukena, terus dia tanya2 tentang islam..dll dia diberi nama Hanin oleh ust.ibrahim.....

Good bye Hanin, it is a pleasure to know you..please keep touch by mail, i hope i will meet you again sometimes in the future.....

Kita berpelukan dan ga terasa sudah berlinang....

No comments: