Thursday, October 30, 2008

Hadiah-hadiah dari Akhwat Ukraina




Pekan lalu kita cukup dikagetkan oleh kedatangan mahasisiwi baru di kelas kita. Semua mata tertuju padanya, maklum karena cantik banget. Subhanallah ciptaan Allah yang satu ini. Dia masuk dan duduk di bangku persis di belakangku. Karena itu satu2 nya yang kosong. Terus aku melempar senyum, dia membalas dengan senyum simpul. Aku tanya: where are you from?" Ukraina.
Belum ada percakapan, karena iya terlihat cuek ama aku, dan sibuk dengan mahasiswi/a di belakang barisan ku.
Keesokan harinya iya duduk persis disampingku, barulah aku kenalan nama, dll Namanya valeria(tapi ust. ibrahim ngasih nama utk dia Fatma). Tapi karena ust.ya'kub datang kita stop kenalannya. Seusai kelas, ada break 1 jam sebelum kelas ust. Badr , lalu dia bilang dia lapar,dia pengen ke kafetaria. Ada 2 orang korea juga yang mau ikutan kita, Nabilah dan Shobah. (foto2 mereka attached above). Karena kita anak asrama, kita punya kupon gratisan yang bisa dipake di kafetaria manapun di KU. Kebetulan aku lagi saum jadi kupon2 tsb aku kasih valeri.
Dia seneng banget..wow it is very kind of you.Di sinilah kita mulai lebih akrab. I found out that she is married. Usia nya masih muda banget , 20. Dia nikah 1 tahun lalu dengan orang kuwait. Dan dia memang sudah tertarik dengan islam jauh sebelum menikah, belajar sendiri dari buku2 dan beberapa muslim di ukraina. Entah bagaimana ia ketemu dengan suaminya (kayanya dia ga terlalu tertarik utk cerita urusan2 pribadi seperti itu) aku pun ga banyak nanya2. Dia cuma bilang ia ketemu suaminya di ukraina dan menikah lalu lanjut kuliah di kuwait university jurusan marketing. Karena bhs arabnya belum terlalu lancar, suaminya nyuruh dia belajar di Markaz Lughoh tempat aku dapet beasiswa. Jadi dia bayar. Bukan seperti kita.
Aku juga mendapati dia orang yang sangat perhatian, lucu, ceria, walau kadang masih keliatan kekanak-kanakan nya, tapi dia sangat memegang teguh nilai2 islam. Kalo kita ke toilet bersama2 dia selalu bilang, don't forget the du'a..do you know du'a of entering al Hamam? terus aku bilang yes you are right , Allahumma ini a'uzubika minal hubutsi wal khobaaist. ...Di kesempatan lain dia ngajak aku solat pas denger azan di kampus, padahal ust. badr bentar lagi masuk. "I dont want to delay the sholat, i always want to do it on time" gitu katanya..karena kalo nunda2 sholat kita akan selalu memikirkan menunda dengan pekerjaan lain dia bilang makin ditunda makin makin banyak alasan kita utk ngerjain ini dan itu, akhirnya solat telat. Aku selalu menomorsatukan sholat. Begitu katanya. Dua hari lalu aku sholat juhur jamaah dengan nya di kampus. Terus dia bilang, " do you know that during sujud we can make a du'a" mungkin karena sujudku ga terlalu lama, dibanding dia, memang subhanallah dia sujudnya lamaaaaa bgt. Terus ku bilang o yes you are right, but i do longer especially at the last sujud, and at night, sometimes during noon we are very busy and limited by schedule in campus...karena kita kuliah pas setelah juhur ada kelas.
Dia akhirnya mengiyakan..
Setelah banyak cerita2 kita makin dekat. Kadang malam2 dia nelpon, ato pagi2. Terus di nanya2 apa aja yang aku butuhkan. Aku bilang semua udah disediakan di Asrama...dia kadang terlihat panik dia pikir di asrama itu kita gimanaaaa gitu.
Pas di kampus keesokannya, dia nanya lagi, Anita, please just let me know if you need someting. I am happy if i can help you. Terus dia selalu nawarin....
" Anita i have some beautiful dresses, i think it would be nice if you wear it" I bring it now in the car. (Dia selalu nyetir sendiri kemana2, dan masyaAllah mobilnya sedan mewah). Terus kita ke toilet buka plastik bajunya. Subhanallah, bajunya bagus banget, tapi dalam hati aku merasa baju itu ga cocok utk ku, ada corak2 di rok nya, dan baju atasannya agak ketat ke aku. Tapi aku tetep ambil, dan tak lupa berterima kasih. Terus seolah dia bisa membaca hatiku, dia bilang: its ok if you dont like it, maybe you can give it to your roommate in the dorm"
Kemaren dia deketin aku lagi, anita i have a spare tape/radio. But please use it in you room for listening Al Qur'an al karim, Dont listen to music with it ok, i am afraid Allah will be angry i give it for music. "No...of course not, i dont like music either, but i think nasyid is ok." o yes ..i love nasyid too....terus setelah usai kuliah, dia bawain tape utk aku.
Ya Allah, aku baru inget ketika malam2 aku pengen banget nyetel radio kuwait karena pengen belajar bhs arab, terus aku ga mungkin beli radio uang beasiswa belum turun. Terus aku juga pengen denger kaset2 yang dikasih du'a (temen kuwait ku) dan aku punya murid privat 2 orang temen korea di asrama (nabila dan shobah) yang mau belajar bhs ingris ama aku di kamar ku. semua itu mebutuhkan tape. Dan lagi2 Allah menjawab mengabulkan melalui valeri...
Ya Allah aku seneng banget sekarang udah ada tape di kamarku. Aku bisa denger channel da'wah islam kuwait di gelombang 100 FM, aku suka banget denger nasyid2 ilsamnya, terus tiap azan aku bisa denger lewat radio, ada tanya jawa telepon interaktif ustad dan pendengar, ada nasyid, ada tilwah dari beragam murotal sekalian bisa murojaah jadinya...dll masyAllah aku seneng banget punya radio....Alhamdulillah (walau sebenernya ga ngerti2 amat, tapi aku dapet belajar ammiyah, logat accent kuwait kata2/expression yang sifatnya daily basis seperti : rang kuwait seneng banget ngomong "ya'ni" = "maksudnya" , walakin=tapi , wa ba'da zalik, dll)
Fabiayyi alaa i robbikuma tukazziban...
Semoga Allah selalu memberkahi valeri......

No comments: