Thursday, October 9, 2008

Aktifitas Kuliah























Tanggal 6 okt 2008 sebenarnya aku udah ke kampus, tapi ternyata aku telat, sampe sana placement test udah dimulai. Professor. Ibrahim, Mudir Markaz Lughoh, agak bingung ketika aku datang: " Why are you late?" Ku bilang: "My korean friends said it starts at 9 a.m" Ketika aku sedang ngomong ama dia datanglah 2 orang mahasiswa Hungary. Dia semakin bingung..Ok please come tomorrow at 8 o'clock, all of you, don't be late!. Setelah itu orang Hungary excuse ttg keterlambatan dia, tapi kita tetep bisa test besok nya. Setelah itu, Prof.Ibrahim nyuruh 2 mahasiswa tsb nganterin aku ke kantor Mr. Muhammad Sulthan, Bagian kemahasiswaan, utk buat janji urus2 ID card (ini digunakan utk mendapatkan semua fasilitas kemahasiswaan seperti allowance, sport club, internet password, dll)





Kita bertiga ke kantor tsb sama2, sambil ngobrol2, mereka bhs.inggris nya bagus bgt, terus bhs. arab nya juga. Salah satu dr mereka, Daniel, bahkan pernah ambil short course di Syria 1 thn, dan sekarang ke kuwait dpt beasiswa 1 thn lg, subhanallah makin lancar tuh.





Setelah bertemu Mr. Sulthan, kita diminta foto kopi Visa&Paspor, terus disuruh kembali ke sana tgl 13, utk medical check up. Aku di sini ketemu ama Yanto dan Ari yg juga lagi ngurus2 adm.





Aku balik lagi ke Markaz Lughoh ama temen2 indo, orang hungary pamit. Ternyata ada kelas orientasi, dan orang hungary tadi melewatkan kelas ini.





Tgl 7 okt, aku ga mau telat lagi, pagi2 jam 7 udah siap, lagian karena saum aku ga perlu ke kafetaria, ketemu rallistia (dr Bulgaria) terus kita naek bus kampus. Tiba di kampus jam 7.30. Lalu Mr. Ibrahim ngeliat kita sambil tersenyum lebar: "Woow great you are here very early..."










Tepat jam 8 placement test dimulai, 10 soal listening, lalu ada vocabulary, reading, dan grammar pokoknya banyak bgt soalnya, terus ada writing juga. Weleh2. Aku pening bgt. Liat arab gundul. Boro2 ngerjain pertanyaan, baca nya aja ga bisa. Pas listening, aku cuma ngerti nama orang nya aja , terdengar si Ahamd blablabla....terus vocabulary section juga demikian, pas aku ngerti soalnya, aku ga ngerti jawabannya..hehehe... sarua keneh..akhirnya dari soal 100 aku cuma jawab 4 soal. Gubrak




















Setelah itu, kata Prof. Ibrahim: " it's ok Anita, you will learn and speak arabic soon, Now you are placed in Elementary level." Alhamdulillah, mahasiswa yang dapet elementary level akan dapat beasiswa belajar selama 1 thn, intermidiate: 6 bln, sedang advance: 3 bln. Dan aku akan 1 thn inshaAllah....semoga Allah mudahkanku menyerap ilmu.















Di hari yang sama, tepat jam 10 kita sudah mulai belajar, aku di elementary level ada 15 orang (Kami dari indonesia, 3, dari korea 3, jepang 4, taiwan 2, macedonia 1, uzbekistan 1, dan rusia 1 orang). Kemampuan bhs.arab kami beragam, yang terdengar grammarnya paling mahir dari taiwan dan korea. Tapi urusan pronunciation pasti kita menang, mereka logat bahasa mereka banget, pokonya kalo mereka udah ngomong rasanya aku pengen ketawa tapi ga mungkin kan, ga sopan. tapi emang bener2 lucuuuuu bgt pas denger mereka ngomong setelah kita denger orang arab asli (guru) nya ngomong. Kalo kita alhamdulillah konon kabarnya lidah orang kita memang lentur utk jd fleksible berbaha apapun. Alhamdulillah. Yang bagus pronunciationnya, mahasiswa uzbekistan dan macedonia.





Hari ini kita dikasi jadwal kuliah. Kuliah Setiap hari, al-ahad,al-atsniin, atsalata, al-arba'a,al-khomis, dari jam 9--13. Sedangkan al-jumuah dan al sabt kita libur (holiday arab). Ada dua profesor yang akan bergantian ngajar kita. Mr. Ya'kub ( Y ) dan Mr. Badr ( B ). Mereka dua orang yang kontras. Mr. Y sangat lembut sedang dilain pihak Mr. B keras banget suaranya. Leluconnya juga beda..walau mereka sama2 lucu, kalo Mr Y ketawanya renyak, kalo Mr. B ketawa nya menggelegar...hehe. Mr. Y selalu tersenyum, mengulang penjelasan bisa 3 kali, kalo kita tanya, dia seringkali menuju ke bangku kita, jadi takut nanya aku, ntar dia mendekat, masalahnya parfumnya..masyaAllah...orang arab banget, wangiiiiiiiiii banget. Tapi subhananallah Mr. Y emang bener2 baik. Semua tercermin dalam semua gerak-gerik nya di kelas ketika menghadapi kita yang masih beginners. Kalo Mr. B kadang dia suka cepet2..any question? no? ok lets continue with the grammar, gitu....padahal kita masih mikir....Kalo Mr. Y dia aka diam sejenak, lalu tersenyum, kadang dia memanggil nama kita satu persatu, seolah kita anaknya yang masih kecil hehe..sa'id, anita, nabilah, khadijah, (oya semua orang korea, taiwan& jepang punya nama yang dikasih prof. ibrahim dlm bhs.arab karena kalo mereka masih pake nama mereka weleh2 ...susah gurunya manggil i.e ji hye jun do bin suzuka matsuko suzuki toyota honda dll itu....hehehe)




















Alhamdulillah aku sejauh ini bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Aku juga akrab dengan orang2 oman dan bahrain yang arab native ...jadi paling ngga pronunciation bisa cepat menular ke aku....





















Robbi zidni 'ilman warzukni fahman......Amin Ya Allah Ya Robbal'alamin

8 comments:

LunaSun said...

Waduh, Mbak. Lully kirain di LIA aja bisa telat masuk. Tapi waktu itu bwt pengajarnya, bukan muridnya. Hwehwehwe....

anita rumsyah said...

Assalamualaikum luly, iya aku mudah2an ga akan telat lagi...hehehe

Unknown said...

Anita, aku agak kaget pas lihat foto itu, temanku dari Korea si Sa'id ternyata lagi di Kuwait ya?MashaAllah..Dunia begitu sempit. Kami pernah ketemu dulu pas partisipasi muslim youth summer camp thn 2007 di Taiwan. Tapi dia pasti ngga ingat saya hehehe..

anita rumsyah said...

Btw, Ini erna mana yah? aku liat profile mba ..tp ga available
hehe..sorry ya...

Unknown said...

Hehe..duh lupa ya, no problem:) soalnya kita emang cuma ketemu klo kuliah di FIB dulu, aku anak sascin 99. oya, ini Blog ku di FS http://ernaxiaoyan.blog.friendster.com/
tapi jarang diisi lg. Salam kenal (lagi) ya hehehe....

morning sun said...

assalamualikum ka nita..

hehehe..ceritya lucu banget,,salam untuk Mr.Y yaaa..hihii..aku ngebayangin ka anita tanya trus harus siap2 tahan nafas karena "wangiii" arab-nya beliau hihihii..
subhanallah kuwait dan kampusnya bagus banget ka..semoga aq bs kesana selagi k anita masih di sana ya,mumpung qt terlalu jauh :)

anita rumsyah said...

iya lisda, aku tunggu yah..cepet maen ke sini....i am sure you will like it

anita rumsyah said...

erna...aku udah kirim salam ke sa'id..dia inget erna loh...minta email nya dong....tolong email ke aku yah : anitarumsyah@yahoo.com